Hyundai Resmi Perkenalkan Ioniq 5 XRT, Kendaraan Listrik Khusus Offroad

JAKARTA - Hyundai kembali memperbanyak versi dari mobil listrik andalannya, Ioniq 5. Setelah meluncurkan versi performa tinggi pada tahun lalu, pabrikan dari Korea Selatan ini menghadirkan trim XRT yang berorientasi pada kemampuan offroad.

Melansir dari CarBuzz, Rabu, 4 September, Ioniq 5 XRT diposisikan antara versi standarnya dengan tipe N yang merupakan performa tinggi dan dirancang sebagai kompetitor dari Ford Mustang Mach-E Rally di pasar Amerika Serikat (AS).

Dari segi eksterior, XRT memiliki tampilan yang lebih tangguh dengan bumper khusus, side skirt, dan pelek aluminium 18 inci diselimuti ban off-road 235/60. Secara keseluruhan, mobil ini cocok dijalankan di arena segala medan ketimbang hanya berjalan di jalan raya beraspal.

Perubahannya tidak berhenti sampai disitu, Hyundai juga meningkatkan ground clearance sebesar 0,9 inci yang mendorong sudut pendekatan hingga 19,8 derajat dan keberangkatan 30 derajat. Karena memprioritaskan kemampuan off-road, Ioniq 5 XRT juga memiliki suspensi yang berbeda dan sangat menyenangkan untuk dikendarai di jalan bertanah.

Berpindah ke bagian dalam, crossover tersebut memiliki jok H-Tex dengan logo dan pola ‘XRT’ dengan headliner hitam.

Interiornya juga dilengkapi dengan kontrol fisik untuk kursi depan berpemanas yang diposisikan pada kontrol tengah baru yang ditemukan di sekitar cupholder kembar bersamaan dengan pengisi daya nirkabel untuk ponsel.

Bagian kontrol iklim juga telah didesain ulang, bersama dengan setir kemudi dan jok bagian belakang yang telah dilengkapi kursi berpemanas.

Tidak hanya tangguh, Hyundai Ioniq 5 XRT juga didesain memberikan keselamatan kelas teratas untuk penggunanya, terdiri dari Lane Following Assist 2, Parking Collision-Avoidance Assist, Forward Attention Warning, dan masih banyak lagi.

Sama seperti Ioniq 5 versi facelift yang diperkenalkan beberapa waktu lalu, mobil ini ditawarkan dengan baterai yang dapat menempuh jarak hingga lebih dari 310 mil atau 498 km dalam sekali pengisian daya.

Hal menarik lainnya ialah Ioniq 5 XRT dan varian lainnya kini telah dilengkapi charging port berstandar North American Charging Standard (NACS), yang artinya kendaraan ini dapat mengisi energi dengan stasiun pengisi daya milik Tesla.

Namun, tidak disebutkan kepastian harga dari model ini dan tanggal peluncurannya ke pelanggan. Tetapi, dipastikan versi XRT akan diproduksi di pabrik Hyundai Metaplant di Georgia, AS bersamaan dengan varian lainnya.