Sambangi Museum Betawi, Ridwan Kamil Keliling Setu Babakan Bareng Fauzi Bowo

JAKARTA - Bakal calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil menyambangi Museum Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan, Rabu, 4 September, pagi. RK datang disambut hangat Gubernur Jakarta 2007-2012 Fauzi Bowo.

RK tiba di lokasi sekitar pukul 09.45 WIB mengenakan baju koko lengkap dengan rompi berwarna krem dan berpeci hitam.

Saat tiba, RK langsung mencium tangan Fauzi Bowo. Pria yang akrab disapa Foke ini pun lalu mendampingi RK keliling Museum Betawi dan Setu Babakan menggunakan mobil listrik mini.

"Alhamdulillah, hari ini saya bersyukur bisa bersilaturahmi dengan orang penting yang kalau ditakdirkan untuk menjadi pemimpin Jakarta," ujar Foke kepada RK.

Foke mengatakan akan mengenalkan budaya Betawi dan sejarah Jakarta ke RK dalam pertemuan ini.

"Bang Emil sudah tahu Jakarta. Mungkin tahu Bandung lebih baik, daripada tahu Jakarta. Tapi saya punya kewajiban untuk membawa siapapun yang akan menjadi pemimpin Jakarta ini lebih dekat pada kenyataan yang ada di Jakarta," kata Foke.

Bagi Foke, sejarah Jakarta sangat luar biasa. Ia berkata, Jakarta merupakan kota paling bersejarah bagi Indonesia.

"Sejarah Jakarta luar biasa. Tidak ada kota di Indonesia yang punya peran dalam sejarah bangsa ini lebih besar dari Jakarta. Mulai dari kebangkitan bangsa," terang Foke.

"Kemudian berikutnya itu Sumpah Pemuda. Semuanya di Jakarta. Kemudian perjuangan kemerdekaan juga di Jakarta. Undang-Undang Dasar 1945 pun di Jakarta. Sampai proklamasinya sendiri. Dan setelah itu masih ada proses-proses pembangunan bangsa ini yang didorong dari Jakarta sebagai ibu kota, sampai akhirnya ibu kota ini dipindahkan ke Nusantara," pungkasnya.