Kerja Sama Indonesia dan Mesir Akan Fokus dalam Pembangunan Infrastruktur Digital

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi telah mengungkapkan bahwa Indonesia dan Mesir sedang menjajaki peluang kerja sama di sektor digital. 

Budi menyebutkan bahwa kerja sama ini akan difokuskan pada pengembangan infrastruktur digital dan peningkatan kapasitas generasi muda di kedua negara. 

“Pertemuan ini bertujuan mengeksplorasi potensi kerja sama dalam pengembangan infrastruktur digital, termasuk jaringan 5G, dan investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN),” kata Menkominfo di High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF-MSP) dan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2.

Menkominfo juga melihat adanya kesamaan kebijakan di ranah teknologi antara Indonesia dan Mesir, termasuk tiga pilar utama dalam kebijakan TIK-nya, yaitu transformasi digital, pengembangan kecakapan digital, dan inovasi digital.

Dalam pertemuan ini, Menteri Teknologi Informasi dan Komunikasi Mesir, Amr Talaat juga menekankan bahwa Mesir siap memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia, terutama dalam pengembangan kabel bawah laut dan pelatihan sumber daya manusia di bidang digital.

Talaat berharap kolaborasi di sektor digital ini akan semakin mempererat hubungan kedua negara, apalagi Indonesia dan Mesir telah menjalin kolaborasi strategis sejak 1945.

Lebih lanjut, Budi juga berharap kerja sama dapat mendorong kemajuan signifikan dalam sektor digital kedua negara dan mempererat hubungan diplomatik yang telah terjalin lama.