Gelaran GIIAS Surabaya 2024 Sukses Terlaksana dengan Catatkan Rekor Pengunjung

JAKARTA - Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2024 secara resmi berakhir pada 1 September 2024. Pameran yang diadakan di Grand City Convex ini berhasil memikat sejumlah pemerhati otomotif di wilayah Jawa Timur.

Edisi tahun ini menjadi rekor penyelenggaraan dengan luas lahan pameran terbesar hingga 13.000 meter persegi dengan menggunakan dua area utama yakni Convention Hall di lantai Ground serta Exhibition Hall di lantai 3.

Tidak hanya itu, salah satu rangkaian GIIAS The Series di Indonesia ini juga diikuti oleh sebanyak 34 merek kendaraan bermotor serta lebih dari 15 brand dari industri pendukung.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, mengungkapkan bahwa edisi kali ini mencatatkan sejumlah capaian positif mulai dari jumlah peserta terbanyak, luasan terbesar, hingga total pengunjung tertinggi.

“Kami yakini antusiasme pengunjung yang sangat positif ini juga akan tercermin dari angka capaian penjualan dan akan berkontribusi terhadap pencapaian industri otomotif nasional tahun ini,” kata Nangoi dalam keterangan yang diterima, Selasa, 3 September.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Gaikindo Rizwan Alamsjah mengatakan GIIAS Surabaya 2024 berhasil memecahkan rekor jumlah kehadiran hingga 35.385 pengunjung sekaligus yang tertinggi sejak penyelenggaraannya pasca pandemi COVID-19.

"Antusiasme pengunjung terus terjaga sejak hari pertama hingga hari terakhir, sehingga GIIAS Surabaya 2024 berhasil memecahkan rekor kehadiran total 35.385 pengunjung, sebuah catatan yang sangat baik dalam catatan penyelenggaraan GIIAS Surabaya selama ini," terang Rizwan.

GIIAS Surabaya 2024 menghadirkan total 34 merek kendaraan yang berpartisipasi dengan 20 di antaranya merupakan kendaraan berpenumpang, terdiri dari Audi, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Seres, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen dan Wuling.

Kemudian, dua di antaranya dari kendaraan komersial seperti DFSK dan Toyota Commercial. Lalu, terdapat 12 merek kendaraan roda dua seperti Alva, Aprilia, Benelli, Keeway, Kupprum, Moto Guzzi, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, United E-motor, Vespa dan Volta.

Setelah Surabaya, GIIAS The Series akan menyapa kota Bandung pada 25-29 September mendatang yang akan berlangsung di Sudirman Grand Ballroom.