Intuitive Machine Terima Kontrak Peluncuran Muatan NASA ke Bulan

JAKARTA – NASA menyerahkan kontrak Layanan Muatan Bulan Komersial (CLPS) terbaru kepada Intuitive Machine. Kontrak ini diserahkan agar NASA bisa melakukan eksperimen sains dan demonstrasi teknologi di Bulan.

Intuitive Machine akan membawa enam muatan NASA untuk mendarat di Kutub Selatan Bulan, wilayah dengan suhu terdingin saat malam hari dan selalu ditutupi bayangan. Misi eksplorasi ini akan diluncurkan pada tahun 2027 jika muatannya berhasil dikembangkan tanpa kendala.

NASA mengatakan bahwa kontrak ini bernilai 116,9 juta dolar AS (Rp1,8 triliun). Misi pendaratan enam muatan di Bulan ini akan menjadi bagian dari kampanye Artemis. Harapannya, NASA bisa melakukan penelitian dan eksperimen yang mendukung pendaratan manusia di Bulan.

"(kontrak) ini menandai pengiriman CLPS ke-10 yang diberikan NASA dan yang keempat direncanakan untuk dikirim ke Kutub Selatan Bulan," kata Joel Kearns, Deputi Administrator Asosiasi untuk Eksplorasi, Direktorat Misi Sains NASA.

Kearns menambahkan bahwa kontrak baru ini akan memperkuat kunjungan NASA ke permukaan bulan. Selain mendukung jalannya program Artemis, misi pendaratan CLPS juga akan membantu para ilmuwan dalam mencari dan menyelidiki air, es, atau gas di Bulan.

"Dengan mendukung irama penerbangan CLPS yang kuat ke berbagai lokasi di permukaan bulan, termasuk dua penerbangan yang saat ini direncanakan oleh perusahaan untuk akhir tahun ini, NASA akan menjelajahi lebih banyak Bulan daripada sebelumnya," jelas Kearns.

Ini bukan kali pertama NASA memberikan kontrak ke Intuitive Machine. Sebelumnya, perusahaan tersebut telah mengirimkan enam muatan ke wilayah Malapert A di Kutub Selatan pada awal tahun ini meskipun wahana yang diluncurkan gagal mendarat dengan tegak.

Sama seperti kontrak yang pernah Intuitive Machine terima, perusahaan tersebut akan bertanggung jawab atas integrasi muatan dan peluncuran dari Bumi ke Bulan. Intuitive Machine juga menargetkan pendaratan yang aman, termasuk operasi misi yang baik, di Bulan.

Secara kolektif, enam muatan yang akan dibawa memiliki berat 79 kilogram. Muatan yang akan Intuitive Machine bawa ke Bulan adalah Instrumen Lunar Explorer untuk Aplikasi Biologi Luar Angkasa untuk mempelajari radiasi dan gravitasi.

Selain itu, ada Paket untuk Pengamatan Sumber Daya dan Pencarian In-Situ untuk Eksplorasi, Karakterisasi, dan Pengujian yang akan mengebor permukaan Bulan untuk mencari sampel, Laser Retroreflector Array sebagai penanda lokasi permanen di Bulan, serta Alterasi Eksosfer Permukaan oleh Pendarat untuk menyelidiki respons kimiawi regolit.

Berikutnya, ada Fluxgate Magnetometer untuk mengidentifikasi medan magnet tertentu dan Sistem Pencitraan Inframerah Kompak Lunar untuk menjelajahi komposisi permukaan Bulan serta memetakan distribusi suhu permukaannya.