Strategi Baru Ripple untuk Perbankan, Bisa Dongkrak Harga XRP?

JAKARTA - Perusahaan pembayaran lintas batas berbasis blockchain, Ripple, baru-baru ini mengumumkan rencana ambisiusnya untuk perbankan. Hal ini sesuai dengna whitepaper yang dirilis pada 30 Agustus lalu. Di sisi lain, perseteruan Ripple dengan SEC juga berpotensi dimenangkan jika SEC tidak mengajukan banding pada Oktober mendatang.

Dalam upaya melanggengkan rencananya, Ripple bertujuan membawa teknologinya ke bank-bank kecil dengan beberapa poin penting, di antaranya:

- Penerapan sistem penyelesaian bruto waktu nyata (RTGS) dan teknologi blockchain untuk pembayaran yang lebih cepat dan efisien.

- Mengurangi biaya serta fee bisnis dengan menghilangkan peran perantara.

- Menawarkan solusi khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan bank kecil menggunakan produk xRapid dan xCurrent dari Ripple.

- Memanfaatkan XRP melalui Likuiditas Sesuai Permintaan (ODL) untuk memfasilitasi pembayaran lintas batas secara real-time.

Inisiatif ini bertujuan untuk membantu bank-bank kecil bersaing dengan bank-bank besar. Ripple sudah memulai implementasi proyek ini dengan menjalin kemitraan dengan bank-bank di Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Optimisme Holder XRP 

Selain strategi perbankan baru, Ripple juga mendapat kabar baik dari hasil gugatan hukum dengan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC). Setelah keputusan akhir pada 7 Agustus lalu, baik SEC maupun Ripple memiliki waktu 60 hari untuk mengajukan banding. Jika SEC tidak mengajukan banding hingga 7 Oktober, kasus ini akan ditutup.

Pengacara terkemuka, Bill Morgan, menilai bahwa keputusan dalam gugatan SEC vs. Ripple serta SEC vs. Kraken menunjukkan bahwa pengadilan tidak akan menganggap aset kripto sebagai sekuritas. Menurut Morgan, peluang SEC untuk mengajukan banding sangat kecil.

“SEC harus berhati-hati untuk menjaga perbedaan ini. Jika mereka berargumen bahwa token individu di Kraken adalah kontrak investasi atau sekuritas, argumen tersebut tidak akan diterima,” ujar Morgan dalam postingan X.

Dengan strategi perbankan yang baru dan hasil gugatan yang dinilai menguntungkan, Ripple berada pada posisi yang kuat dalam mendongkrak harga XRP naik lebih tinggi. Jika rencana ini berhasil, XRP berpotensi mengalami lonjakan yang signifikan dalam waktu dekat.