Dua Model Sepeda Motor Listrik Harley-Davidson Terdampak Recall, Ini Masalahnya

JAKARTA - LiveWire, sub-brand kendaraan listrik roda dua dari Harley-Davidson, mengeluarkan pemberitahuan penarikan kembali (recall) secara global yang melibatkan model S2 Del Mar dan S2 Mulholland.

Melansir dari Rideapart, Jumat, 30 Agustus, masalah tersebut dipicu dari sekring tegangan tinggi yang disuplai dari pabrik secara tiba-tiba dapat terbuka saat melakukan akselerasi secara berulang-ulang.

Permasalahan tersebut dapat mengakibatkan hilangnya tenaga penggerak tanpa memberikan peringatan pada pengendara sehingga berpotensi menimbulkan peristiwa yang tidak diinginkan.

Meskipun demikian, pengumuman tersebut juga mencatat bahwa semua fungsi kelistrikan seperti anti-lock braking system (ABS), lampu, serta sein tetap berfungsi. Hanya saja motornya mengalami hilang daya dan tidak dapat dihidupkan kembali karena sekringnya terbuka.

Pada negara Amerika Serikat (AS), LiveWire mengajukan permohonan laporan penarikan keselamatan bagian 573 ke badan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Namun, dokumen pendukung untuk penarikan ini di AS juga mencakup pengumuman dealer di seluruh dunia serta LiveWire Service Bulletin juga memberikan instruksi kepada dealer mengenai cara memproses penarikan dan menangani servis pada kendaraan yang terdampak.

Recall tersebut mempengaruhi sepeda motor S2 Del Mar dan S2 Mulholland yang diproduksi sebelum 15 Juli 2024. Pabrikan menyebut bahwa kedua motor produksi setelah tanggal tersebut dipastikan aman dari penarikan karena menggunakan sekring tegangan tinggi uang berbeda.

Dengan demikian, jumlah kendaraan yang terdampak sebanyak 788 unit meliputi 574 unit S2 Del Mar dan 214 unit S2 Mulholland. Dalam dokumen penarikannya, LiveWire mencatat bahwa mereka tidak dapat memberikan perkiraan persentase kendaraan yang benar-benar terkena dampak cacat ini.

Merek dari AS ini berencana memberitahu pihak dealer tentang masalah ini antara 14 Agustus hingga 21 Agustus 2024 dan berniat menghubungi pemilik kendaraan antara 19 Agustus sampai 26 Agustus 2024.

Pemilik sepeda motor yang terdampak juga dapat menghubungi dealer LiveWire setempat untuk menginformasikan lebih lanjut mengenai penarikan. Teknisi akan melepas sekring yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.