Cukup Pakai Bahan Alami di Rumah, Ini 8 Cara Ampuh Mengusir Semut

JAKARTA - Semut adalah serangga yang hidup di hampir semua jenis lingkungan, baik itu di lahan pertanian, hutan, perkotaan, atau bahkan di laut. Mereka memakan berbagai macam makanan, seperti nektar, madu, serangga lain, dan bahkan makanan manusia.

Meskipun semut umumnya tidak dianggap sebagai hama, namun keberadaannya bisa mengganggu aktivitas manusia di rumah atau di lingkungan sekitar jika koloninya menjadi terlalu besar dan mengganggu keseimbangan ekosistem. Berikut cara mengusir semut yang dirangkum dari laman Family Handyman, Kamis, 29 Agustus.

Bersihkan rumah

Langkah pertama dalam setiap serangan semut adalah menyingkirkan apa yang menarik perhatian mereka. Sebagian besar spesies semut yang menyerbu rumah hanya mencari makanan, tempat berlindung, dan air. Semakin sulit Anda membuat mereka mendapatkan sumber daya ini, semakin tidak menarik rumah Anda bagi semut.

Bersihkan jejak feromon

Home remedy yang direkomendasikan membersihkan tumpahan makanan atau minuman dan area yang dilalui semut ialah menggunakan air hangat dan sabut cuci piring. Ini akan menghilangkan jejak feromon mereka ke sumber makanan. Bahan-bahan rumah tangga lainnya juga dapat menutupi jejak mereka, seperti tepung (tetapi bisa berantakan), jeruk (tetapi hanya sementara) dan cuka putih (perbandingan cuka dan air 3:1).

Ikuti jejaknya

Daripada mengganggu jejak feromon semut, solusi yang lebih mudah adalah melihat ke mana jejak itu mengarah. Saat semut mencari makanan, mereka meninggalkan jejak feromon yang ditangkap semut lain dan digunakan untuk menemukan makanan dan membawanya kembali ke koloni mereka. Jika Anda mengikuti jejak semut, Anda dapat menemukan apa pun yang menarik perhatian mereka dan menyingkirkannya atau menemukan lokasi koloni dan menyingkirkannya.

Sebarkan rempah aromatik

Minyak esensial beraroma kuat, bubuk, dan daun tanaman yang dihancurkan dari kayu manis, mint, catnip, timi, cengkeh, geranium, dan rosemary dapat mengusir semut. Taburkan di sepanjang jalan setapak, di meja dapur, dan di sepanjang lantai.

Menempatkan kulit jeruk atau lemon

Semut tidak suka dengan aroma dari kulit jeruk atau lemon. Anda bisa menempatkan kulit jeruk atau lemon di area yang sering dilalui oleh semut, seperti di sekitar jendela atau di area dapur. Anda juga bisa memeras air dari buah jeruk atau lemon dan menyemprotkannya ke area yang sering dilewati oleh semut.

Bubuhkan ampas kopi

Taktik populer untuk mengusir semut ini telah ada selama bertahun-tahun: Taburkan ampas kopi di sekitar batang tanaman dan bunga dalam dan luar ruangan. Ada yang mengatakan baunya mengusir semut; yang lain mengatakan semut tidak suka merasakan ampas kopi di bawah kaki mereka. 

Membuat perangkap semut

Cara mengusir semut berikutnya sangat mudah, Anda bisa membuat perangkap semut sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, seperti gula dan borax. Campurkan gula dan borax dengan perbandingan 1:1, dan taruh campuran tersebut di area yang sering dilewati oleh semut. Semut akan tertarik dengan gula dan borax akan membunuh semut secara perlahan-lahan.

Menempatkan daun sirih

Cara mengusir semut adalah dengan daun sirih, di mana Anda bisa mengambil beberapa lembar daun sirih segar, kemudian letakkan di area yang sering dilewati oleh semut, atau Anda bisa mencampurkan daun sirih yang sudah dihaluskan dengan air dan menyemprotkannya ke area tersebut.