Hasil Indonesia U-20 vs Argentina U-20: Garuda Muda Mengejutkan, Menang 2-1

JAKARTA - Timnas Indonesia U-20 berhasil memetik kemenangan saat bersua Argentina U-20 di Seoul Earth On Us Cup 2024. Pada laga Rabu, 28 Agustus 2024, sore WIB, tim asuhan Indra Sjafri mampu memberikan perlawanan untuk mengunci kemenangan 2-1.

Bertanding di Stadion Mokdong, Seoul, pertemuan Indonesia U-20 dan Argentina U-20 sudah berjalan sengit sejak menit awal. Meski pasukan Albiceleste mendominasi serangan, Indonesia U-20 mampu memberikan perlawanan.

Argentina banyak menekan lebih dulu ke wilayah kotak penalti Indonesia U-20. Upaya itu kemudian berbuah manis saat laga baru berjalan 17 menit. Berawal dari bola liar hasil tendangan sudut, sepakan keras Rodrigo Ezequiel Stocco mampu dibelokkan Mirko Juarez dan menggetarkan jala gawang Indonesia U-20.

Setelah unggul 1-0, Argentina punya kans menggandakan angka pada menit ke-25. Bernardoni menerima bola di kotak penalti dan melepaskan tembakan kaki kanan. Untungnya bola masih melenceng ke kiri dari gawang Indonesia.

Sempat berhenti karena cooling break, Argentina kembali melanjutkan dominasi kala laga berjalan kembali. Kubu Indonesia U-20 mulai mengambil alih penguasaan bola di sisa waktu, tapi sulit menghadirkan ancaman.

Indonesia U-20 coba mengurung Argentina yang mengendurkan temponya pada pengujung paruh pertama. Namun, anak asuh Indra Sjafri masih belum bisa mendatangkan gol penyeimbang hingga jeda.

Pada babak kedua, Argentina sempat menekan Indonesia. Namun, pergantian yang dilakukan Garuda Muda membuat perbedaan.

Indonesia mulai keluar menekan karena pada menit ke-64 tercipta peluang emas dari Dony Tri Pamungkas. Menerima bola hasil umpan tarik, Dony berupaya melepaskan tembakan keras ke gawang Argentina, tapi sayang bola bisa dipotong lawan.

Gol yang dinanti akhirnya tiba 10 menit kemudian. Sundulan Kadek Arel membuat skor berubah menjadi 1-1. Ia memenangi duel udara dengan kiper Lucas Sebastian Cuffia dan mengirim masuk bola ke gawang dengan mudah.

Tak lama berselang, Timnas Indonesia U-20 bisa kembali unggul atas Argentina. Kali ini lewat hadiah penalti yang diberikan wasit.

Penalti didapat usai Muhamad Ragil yang masuk pada babak kedua dilanggar kiper Sebastian Cuffia. Maouri Ananda Yves Ramli Simon maju menjadi eksekutor dan bisa mengecoh kiper.

Skor kemudian berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-20. Pada menit ke-85, gol ketiga nyaris dibuat Indonesia lewat sepakan Toni Firmansyah, tapi bola masih membentur tiang gawang Argentina.

Memasuki masa injury time, Argentina terlihat frustrasi mengejar ketertinggalan. Pelatih Claudio Gugnali sampai diberi kartu kuning karena protes berlebihan.

Skor 2-1 akhirnya bertahan hingga laga bubar. Timnas Indonesia U-20 sukses mengalahkan Argentina di laga perdana Seoul Earth on Us 2024.