Cwie Mie, Mi Legendaris Bertekstur Lembut Khas Kota Malang

JAKARTA – Cwie Mie dan mi ayam jika sekilas dipandang akan sulit dibedakan. Tetapi jika diidentifikasi lebih detail, keduanya berbeda jauh. Apa beda antara mi bertekstur lembut khas Kota Malang dan mi ayam yang populer di seluruh pelosok Nusantara?

Cwie Mie dikenal sebagai makanan legendaris khas Kota Malang. Meski saat ini mudah sekali menjumpai restoran maupun warung khusus yang menjajakan mi berbentuk gepeng dan memiliki tekstur yang halus ini. Ini jadi salah satu pembeda dengan mi ayam yang kerap kita kenal.

Cwie Mie, pada umumnya bertabur daun bawang dan dilengkapi dengan pangsit beserta daging ayam cincang berwarna kekuningan. Tak jarang disajikan bersama acar timun dan wortel.

Nah, untuk rasa tak kalah dengan mi instan yang menawarkan berbagai varian rasa. Cwie Mie disajikan kuah terpisah. Kalau diamati, Cwie Mie khas Kota Malang mirip dengan Mie Sumatra sebab sama-sama memiliki bentuk mi yang gepeng. Pun juga dilengkapi dengan pangsit goreng maupun pangsit basah.

Berdasarkan muasal kata, cwie berarti gepeng maka tersebutlah Cwie Mie sebagai mi berbentuk pipih. Di Malang sendiri ada beberapa warung makan terkenal yang khusus menjual Cwie Mie, antara lain sebagai berikut:

Kedai Mie Sutoyo

Pemilik kedai mi ini dulunya menjual Cwie Mie dengan gerobak keliling sejak tahun 1940. Menginjak generasi ketiga, kedai dibangun di Jalan Letjen Sutoyo No. 41 A, Kota Malang. Mi bertekstur lembut dan berbentuk keriting ini dibuat sendiri setiap harinya sehingga tidak mencampurkan bahan pengawet.

Soal rasa jangan ditanya. Meski harga mencapai Rp.30.000 setiap porsinya namun rasanya membuat pembeli tak jera dan selalu mampir jajan setiap kali menghampiri Kota Malang.

Pangsit Mie Tan

Kedai selanjutnya terletak di Jalan J.A. Suprapato II No. 34, Rampal Cokelat, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Jam buka kedai dari petang hingga pukul 21.00 dan setiap porsinya dibanderol seharga Rp.12.000. Karena mengutamakan kualitas sehingga produksi mi kedai ini terbatas.

Itu artinya jika Anda ingin mencicipi kelezatan semangkuk Cwie Mie perlu menyesuaikan jam buka.

Hot Cui Mie

Berbeda dengan kedai rekomendasi sebelumnya, kedai Hot Cui Mie tidak hanya menyajikan Cwie Mie tetapi juga berbagai varian mi lainnya antara lain song mie dan mie wonton. Apabila menyukai variasi penyajian, Hot Cui Mie juga menjual pangsit sebesar mangkuk sebagai alas Cwie Mie yang Anda pesan.

Hot Cui Mie berlokasi di Jalan Kawi No.20 Kauman, Klojen, Kota Malang. Nah, kedai ini buka dari jam makan siang hingga pukul 21.30 dan dengan kisaran harga Rp.15.000 setiap mangkuk mi.

Tertarik menikmati kuliner mi yang legendaris khas Kota Malang. Tak hanya dapat ditemukan di Malang, Jawa Timur. Bahkan di Jakarta dan Bandung juga terdapat kedai-kedai yang khusus menyajikan menu Cwie Mie.