Jepang Open 2024: Fajar/Rian Kalah di Perempat Final

JAKARTA – Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto angkat koper dari babak perempat final Jepang Open 2024.

Juara All England 2024 tersebut harus meninggalkan turnamen setelah kalah dramatis tiga gim 16-21, 21-10, dan 16-21 melawan wakil Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin, pada Jumat, 23 Agustus 2024, petang WIB.

"Lawan bermain baik hari ini, sedangkan kami masih banyak melakukan kesalahan sendiri. Banyak poin untuk lawan dan ini menjadi bumerang bagi kami sendiri. Akhirnya lawan banyak mendapat keuntungan dari kesalahan kami," ujar Fajar usai laga.

Pada gim pertama, Fajar/Rian ditekan oleh lawan sejak awal. Mereka sempat mendapat momen untuk menyamakan kedudukan setelah interval, tetapi hanya bisa mendapat dua kali imbang.

Adapun pada gim kedua, mantan pasangan nomor satu dunia ini mendominasi sejak awal. Mereka langsung mencetak empat angka beruntun dan tidak bisa dikejar oleh lawan lagi setelahnya.

Sayangnya, di gim terakhir mereka kembali melempem. Fajar/Rian tidak diberikan kesempatan menyamakan kedudukan setelah sempat imbang 6-6.

"Saya tentu kecewa dengan diri sendiri. Saya tentu tidak mau bermain seperti itu. Setelah ini saya harus instrospeksi diri sendiri. Tadi di lapangan saya berteriak karena saking geregetnya untuk menyemangati diri sendiri agar saya bisa bangkit lagi," ujar Fajar.

Kekalahan ini membuat bentrok antarsesama wakil Indonesia di semifinal pun batal tercipta. Seandainya menang, Fajar/Rian bersua Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin yang sebelumnya sudah lolos.

Fikri/Daniel menjadi wakil pertama Indonesia yang mencapai babak semifinal usai menghajar pasangan China, Chen Bo Yang/Liu Yi, dua gim langsung 21-14 dan 21-14.

Ganda putra adalah satu-satunya harapan Indonesia di ajang berlevel Super 750 BWF ini. Dari 10 wakil yang turun, tiga di antaranya tumbang di babak pertama, empat di babak kedua, dan terbaru Fajar/Rian.