Megawati Bakal Umumkan 169 Bakal Calon Kepala Daerah PDIP Besok

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bakal mengumumkan 169 bakal calon kepala daerah yang diusung dalam Pilkada 2024 pada Kamis, 22 Agustus.

“Ibu Megawati akan kembali mengumumkan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah untuk gelombang kedua,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 21 Agustus.

“Total yang akan diumumkan 169 bakal paslon. Detail nama bakal pasangan calon dan wilayahnya akan disampaikan besok,” sambungnya.

Sementara saat disinggung soal ada tidaknya bakal calon di Pilkada DKI Jakarta yang bakal diumumkan pada pukul 13.00 WIB besok siang, Hasto tidak menjawab. Dia hanya menyebut nama yang disampaikan bakal sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) kemarin.

Langkah ini disebutnya sebagai bentuk komitmen untuk membangun demokrasi. Lagipula, tidak ada alasan yang kuat untuk tidak segera memasukkan poin tersebut dalam PKPU.

“Rakyat menjadi hakim tertinggi dalam menentukan pemimpinnya secara merdeka, berdaulat, langsung dan tanpa tekanan serta berjalan melalui pemilu yang demokratis dengan penyelenggara pemilu yang profesional dan netral,” tegasnya.

Adapun pengumuman ini nantinya bakal diselenggarakan secara hybrid.

“Yang akan hadir di kantor DPP PDIP adalah perwakilan dari bakal calon sejumlah provinsi/kabupaten/kota,” pungkas Hasto.