Thailand Deteksi Kasus Baru Cacar Monyet Mpox dari Pria Eropa yang Tiba dari Afrika

JAKARTA - Thailand mendeteksi kasus cacar monyet/mpox pada seorang pria Eropa yang tiba dari Afrika pekan lalu. Otoritas sedang menunggu hasil tes untuk menentukan jenis virusnya.

Pihak berwenang Thailand memperlakukan kasus ini seolah-olah cacar monyet/mpox Clade 1, karena pria Eropa berusia 66 tahun yang tinggal di Thailand itu, tiba pada tanggal 14 Agustus dari negara Afrika tempat penyebaran virus.

“Setelah dia tiba dari penerbangan, hanya ada sedikit waktu bagi dia untuk melakukan kontak dengan orang lain,” kata Dirjen Departemen Pengendalian Penyakit Thailand Thongchai Keeratihattayakorn kepada Reuters, Rabu, 21 Agustus.

“Dia tiba sekitar jam 6 sore dan keesokan harinya, 15 Agustus, dia pergi menemui dokter di rumah sakit,” sambungnya.

Thongchai mengatakan pria tersebut telah menjalani tes untuk menentukan apakah kasus tersebut merupakan varian Clade 1, dan hasilnya diharapkan keluar pada Jumat.

Pihak berwenang juga memantau 43 orang di negara tersebut yang mungkin melakukan kontak dengan pasien tersebut.

Otoritas Thailand tidak menyebutkan negara Afrika tempat pria tersebut berada. Thongchai mengatakan pria tersebut transit di negara Timur Tengah, yang juga tidak dia sebutkan namanya, sebelum terbang ke Thailand.

Thailand telah mendeteksi 800 kasus mpox Clade 2 sejak tahun 2022, namun sejauh ini belum terdeteksi satu kasus varian Clade 1 atau Clade 1b.