Presiden Iran Pezeshkian Berharap Parlemen akan Setujui Kabinet Pilihannya Hari Ini

JAKARTA - Presiden Masoud Pezeshkian berharap anggota Parlemen Iran akan memberikan mosi percaya kepada semua menteri kabinet yang diusulkannya pada sesi Hari Rabu.

Itu dikatakannya kepada wartawan usai menghadiri hari terakhir peninjauan kualifikasi calon-calon menterinya pada Hari Selasa.

"Kami mencoba untuk menciptakan bahasa dan visi yang sama untuk mencapai rencana-rencana pemerintah dan rencana-rencana yang telah disepakati bersama antara pemerintah dan parlemen. Saya harap kami memenuhi kewajiban kami dengan melakukan urusan kami sebaik-baiknya dan parlemen akan membantu kami dan kami akan melanjutkan apa yang telah kami katakan," kata Presiden Pezeshkian, melansir Mehr News Agency 21 Agustus.

"Saya berharap parlemen akan memberikan mosi percaya kepada semua menteri yang diusulkan," katanya.

Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi dan kerja sama antara pemerintahannya dan Parlemen untuk mengatasi berbagai masalah.

Presiden Pezeshkian menyerahkan daftar menteri pilihannya kepada parlemen Iran pada tanggal 11 Agustus, hampir dua minggu setelah upacara pelantikannya. Parlemen dijadwalkan akan bersidang Hari Rabu untuk mosi percaya terhadap 19 menteri yang dipilihnya.

Presiden menyatakan, tidak ada satu pun calon menteri yang dipilih tanpa konsultasi dengan para petinggi negara, dikutip dari Tasnim.

Parlemen mulai memperdebatkan kualifikasi para menteri yang diusulkan selama empat hari, sejak Sabtu hingga Selasa.

Presiden Pezeshkian mengatakan, apa yang paling dipedulikan oleh pemerintahan saat ini adalah mempersempit kesenjangan antara rakyat dan pemerintah, memastikan kepuasan rakyat Iran