Flyover Djuanda Sidoarjo Sepanjang 858 Meter Rampung, Bisa Urai Kemacetan di Bundaran Aloha

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Flyover Djuanda di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Flyover sepanjang 858 meter (m) ini memiliki dua struktur jembatan layang, yakni flyover A sepanjang 435 m yang menghubungkan Sidoarjo menuju Jalan Akses Bandara Juanda dan flyover b sepanjang 423 m yang menghubungkan Akses Bandara Juanda menuju Surabaya.

"Untuk mengurai kemacetan di kawasan Bundaran Aloha sekaligus memperlancar arus lalu lintas pada perlintasan sebidang rel kereta api yang berada di Jalan Akses Bandara Juanda, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Flyover Djuanda di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur," jelas PUPR di akun Instagram resminya @kemenpupr, dikutip Selasa, 20 Agustus.

Untuk mendukung keselamatan pengendara, Flyover Djuanda dilengkapi dengan lampu penerangan per jarak 3 m di sepanjang strukturnya. Sedangkan, pada area oprit dan frontage dipasang lampu PJU tiang yang menggunakan sumber daya solar cell.

"Ornamen bangunan flyover juga akan memperhatikan aspek keindahan dengan mengedepankan seni dan budaya lokal serta dilengkapi lansekap," katanya.

Adapun penamaan Flyover Aloha menjadi Djuanda merupakan upaya menghormati jasa Pahlawan Nasional Djuanda Kartawidjaja sebagai pencetus Deklarasi Djuanda pada 1957 dan penggagas pembangunan bandara internasional di Jawa Timur.