PM India Narendra Modi Bakal Kunjungi Ukraina Sebulan Setelah Bertemu Putin

JAKARTA - Perdana Menteri India Narendra Modi akan mengunjungi Ukraina. Ini menjadi perjalanan pertamanya ke negara yang dilanda perang itu sejak konflik dengan Rusia dan sekitar sebulan setelah dia bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di Moskow.

Rincian perjalanan tersebut akan dibagikan pada Senin, 19 Agustus, kata kementerian luar negeri. Modi juga akan mengunjungi Polandia.

Media India melaporkan Modi diperkirakan akan mengunjungi kedua negara tersebut, kemungkinan pada tanggal 21 hingga 23 Agustus.

Dilansir Reuters, Senin, 19 Agustus, kunjungan Modi ke Kyiv, kata para analis India, bertujuan untuk mengendalikan dampak buruk dari perjalanannya ke Moskow, yang bertepatan dengan serangan mematikan terhadap rumah sakit anak-anak di ibu kota Ukraina, yang mempermalukannya dan menuai kritik keras dari Presiden Volodymyr Zelenskiy.

Modi melakukan perjalanan yang dipublikasikan ke Moskow pada tanggal 8-9 Juli, di mana India dan Rusia berupaya untuk meningkatkan perdagangan bilateral dan kerja sama di berbagai bidang mulai dari energi nuklir hingga kedokteran.

Namun kunjungan tersebut menjadi berita utama karena bertepatan dengan serangan terhadap rumah sakit di Kyiv, sehingga mendorong Modi untuk menggunakan bahasa yang penuh emosi untuk menyampaikan teguran publik yang tersirat kepada Putin pada pertemuan puncak mereka.

Modi mengatakan kepada Putin, kematian anak-anak yang tidak bersalah adalah hal yang menyakitkan dan menakutkan dan menegaskan kembali posisi New Delhi, Moskow dan Kyiv harus menyelesaikan konflik mereka melalui dialog dan diplomasi, dengan mengatakan solusi tidak mungkin dilakukan di medan pertempuran.

Kunjungan Modi juga bertepatan dengan KTT NATO pada 9-10 Juli di Washington di mana sekutu bergerak untuk mendukung Ukraina dan melawan Rusia.

AS mengatakan pihaknya menyampaikan kekhawatiran kepada India mengenai hubungannya dengan Rusia, namun juga menyebut hubungan tersebut memberi New Delhi kemampuan untuk mendesak Putin agar mengakhiri perang.

Para diplomat penting India sejak itu mengadakan pembicaraan rutin dengan rekan-rekan mereka dari Ukraina, dan Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar menelepon Menlu Ukraina Dmytro Kuleba untuk membahas pengembangan lebih lanjut hubungan bilateral.