Google Mengubah Tampilan Sumber Ringkasan di AI Overview

JAKARTA – AI Overview, fitur ringkasan berbasis Kecerdasan Buatan (AI) di Google Search, mendapatkan pembaruan pada 15 Agustus lalu. Salah satu fitur yang Google luncurkan adalah ikon untuk memeriksa tautan.

Sejak pertama kali diluncurkan, AI Overview dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengakses informasi yang relevan dari berbagai sumber. Situs web yang ditampilkan di AI Overview cenderung diakses oleh para pengguna sehingga traffic-nya bisa lebih tinggi.

Tautan situs web ini terbatas sehingga Google menambahkan fitur baru untuk menambahkan lebih banyak situs web relevan. Saat AI Overview ditampilkan di Google Search, pengguna akan melihat ikon situs baru di bagian kanan atas, baik di desktop maupun ponsel.

Selain menambahkan ikon situs, Google juga sedang menguji tautan ke situs web yang relevan di bagian teks AI Overview, tepatnya di bagian samping teks. Seluruh pembaruan ini akan diluncurkan secara bertahap di seluruh negara yang bisa mengakses AI Overview.

"Pembaruan ini mulai diluncurkan secara global hari ini untuk AI Overview di semua negara yang diluncurkan, serta untuk pengguna Search Labs di lebih dari 120 negara dan wilayah," kata Google dalam keterangan resmi.

Fitur lainnya yang akan Google luncurkan adalah kemampuan menyimpan AI Overview untuk dilihat kembali di masa mendatang. Nantinya, Google akan menambahkan tombol Simpan di bagian AI Overview, tepatnya di samping ikon Search Labs.

Saat pengguna melakukan pencarian yang sama, AI Overview akan menampilkan hasil ringkasan yang sudah disimpan. Jika pengguna ingin melihat ringkasan apa saja yang mereka simpan, mereka bisa membuka ikon profil lalu membuka halaman Minat Anda.

Tombol Simpan masih diuji sehingga Google belum memperluas fiturnya. "Kemampuan ini tersedia untuk kueri berbahasa Inggris di AS, pastikan Anda telah mendaftar dalam eksperimen Ikhtisar AI dan lainnya di Search Labs," jelas Google.