Jokowi Tak Singgung Anggaran Makan Bergizi Gratis Prabowo, Menteri Suharso: Masuk, Tidak Ada yang Terlewat

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal program makan bergizi gratis (MBG) yang akan dijalankan mulai tahun depan. Tetapi, Jokowi tidak menyebutkan besaran anggarannya dalam pidato pengantar Rancangan Undang-Undang (RUU) APBN 2024 dan Nota Keuangan.

Meski begitu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa memastikan bahwa anggaran makan bergizi gratis tetap masuk dalam postur APBN 2025.

“Ada, tetap ada,” kata Suharso usai acara penyampaian keterangan pemerintah atas RUU APBN 2025 dan Nota Keuangan, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 16 Agustus.

Suharso mengungkapkan bahwa seluruh program dan rencana kerja pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto sudah masuk dalam penggunaan dana APBN 2025.

“Jadi gini, semua yang dalam rencana kerja pemerintah kita sudah menyatupadukan dengan semua program-program dari presiden terpilih,”ujarnya.

Suharso memastikan tidak ada satu program prioritas Prabowo-Gibran tidak masuk di dalam APBN 2025. Termasuk program MBG atau makan siang gratis.

Seperti diketahui, sebelumnya diberitakan alokasi anggaran makan bergizi gratis Prabowo-Gibran dipatok sebesar Rp71 triliun.

“Sudah-sudah kita inikan, tidak ada yang terlewat termasuk makan bergizi gratis,” jelasnya.