Nova Arianto Sebut Timnas Indonesia U-17 Masih Punya Kekurangan

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto, saat ini tengah memimpin pemusatan latihan (TC) tim di Bali. Berlangsung sejak 12 Agustus 2024, sang pelatih mengungkapkan masih ada kekurangan yang dimiliki anak asuhnya.

Pada TC kali ini, Nova memboyong 35 pemain. Sebagian di antaranya merupakan nama baru, sisanya merupakan pemain Indonesia U-16 saat tampil di Piala AFF U-16 2024 beberapa waktu lalu.

Mengingat kondisi tersebut, Nova mengakui bahwa kekurangan yang dimiliki anak-anak asuhnya ialah soal kondisi fisik berbeda-beda. Maka dari itu, sang pelatih menegaskan bakal membenahi hal tersebut secara perlahan.

"Akhirnya, kami sekarang memasuki persiapan umum menuju Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada Oktober 2024."

"Jadi, kami memulai TC di Bali dengan fokus saya dalam menyamakan secara fisik dasar pemain. Soalnya, ada beberapa pemain baru."

"Pemain lama juga demikian karena mungkin di klubnya secara intensitas latihannya berbeda," kata Nova dilansir dari laman PSSI pada Jumat, 16 Agustus 2024.

Meski mengakui adanya kekurangan soal perbedaan kondisi fisik, Nova yang juga merupakan asisten pelatih Shin Tae-yong mengakui bahwa perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan.

"Saya bersyukur secara kondisi, pemain-pemain lama kondisinya masih cukup baik. Namun, masih ada jarak antara pemain lama dan pemain baru," ucapnya.

"Harapannya pemain baru bisa bekerja lebih keras agar secara VO2 Max atau secara fisik bisa sama nantinya," tutur sang pelatih.

Terlepas dari kekurangan itu, Timnas Indonesia U-17 tetap fokus membangun kekuatan demi tampil maksimal di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Laga kualifikasi Grup G akan berlangsung di Kuwait pada 19-27 Oktober 2024. Indonesia U-17 akan menghadapi bersama Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara.