Video Musik Gala Bunga Matahari Disebut Mirip dengan Iklan Tahun 2015

JAKARTA - Pekan lalu Sal Priadi merilis video musik untuk single barunya, Gala Bunga Matahari yang menguras air mata. Namun di balik sanjung puji, ada kecurigaan yang sedang ramai dibahas di medsos.

Seorang kreator konten di Instagram dengan akun @mindplace menjelaskan temuannya secara singkat dalam video satu setengah menit. Ia membandingkan MV tersebut dengan iklan yang dibuat John Lewis yang diunggah ke YouTube 2015 lalu berjudul Man on the Moon.

Dari segi konsep dan aspek-aspek yang terdapat di kedua video, tak bisa dipungkiri memang ada kemiripan. Konsep bumi dan bulan, karakter gadis cilik dan seorang kakek, sampai detail shot punya gambar yang relatif mirip.

Pertanyaan yang muncul, apakah kemiripan itu masuk ranah terinspirasi atau melampaui itu. Perdebatan masih terjadi, terutama di Twitter mengenai persoalan ini.

Sal maupun Aco Tenri belum merespon soal polemik yang tengah terjadi. Sementara netter Indonesia sempat ramai berkomentar di video John Lewis, sampai-sampai kolom tersebut dimatikan.

Sementara itu video musik Sal Priadi, Gala Bunga Matahari telah ditonton lebih dari 11 juta kali dalam sepekan. Tak sedikit yang sampai berurai air mata ketika menontonnya, dan banyak juga yang berbagi cerita kehilangan.

>