Anies Pamer Ngopi Bareng Wakilnya Riza Patria, Netizen: Duit Formula E Dapat Berapa Pisgor?

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengunggah aktivitas makan-makan di akun twitternya, @aniesbaswedan. Kali ini Anies tidak sendiri karena ditemani wakilnya, Ahmad Riza Patria.

"Kemarin bersama Wagub @ArizaPatria mampir di warung kopi Oey Jl. Sabang," kata Anies dikutip VOI, Kamis, 24 Maret. Selain minum kopi, Anies dan Riza tampak menikmati pisang goreng buatan koki restoran.

"Pisang gorengnya lezat, porsinya juga pas, jadi ingat sarapan masa kecil. Sarapan pagi dengan kopi memang sering menjadi penyemangat memulai hari. Singkat tapi menyenangkan. Sudah ngopi pagi ini,?" ujar Anies.

Cuitan Anies mendapat tanggapan beragam dari warga twitter. Ada yang mendoakan Anies dan Riza tetap sehat dalam bertugas hingga menyindir gubernur tentang gelontoran dana APBD DKI untuk ajang Formula E.

"kopi bengkulu mantap pak @aniesbaswedan untuk mengawali hari setelah subuhan," cuit @Ramadha****

"Sehat sehat selalu untuk bapak Ber2 semangat!" @kaka****

"Maap pak gub @aniesbaswedan aku gak berani ngopi pak, Di karenakan ada kendala dalam tubuh ini pak, Semoga bapak sehat selalu ya pak," @MNursal875****

Komentar pedas datang dari cuitan @Irenecu****

"Duit Formula E dapat berapa pisgor?" cuit dia.

"2 minggu ini kerjanya ngopa-ngopi doang?" tambah @Alfanny****

"Bpk sngat cocok jd utuber kuliner karna menjd gubenur terlalu buruk kinerjanya jgn smp d pecat lg y pak," sindir @Abdul116****

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhir-akhir ini jarang tampil memberikan penjelasan atau klarifikasi mengenai sejumlah masalah yang menjadi perhatian publik Jakarta. Misalnya, program rumah down payment (DP) Rp0, ajang balap mobil Formula E atau rencana Pemprov DKI menjual saham bir di PT Delta.

Penjelasan justru datang dari Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Sedangkan Anies, lewat akun twitternya @aniesbaswedan lebih memilih bertemu warga sambil menyantap makanan, minum kopi, meresmikan proyek hingga jalan-jalan meninjau revitalisasi dan penggunaan trotoar di Salemba Raya.

Pada 11 Maret misalnya, Anies memposting dirinya tengah sarapan gudeg di Stasiun Gondangdia. Pada 14 Maret, Anies mampir ke sebuah warung kopi Kuningan di Jl. Cipete Raya. Kemudian 15 Maret Anies memposting minum kpi di warung kopi Tak Kie daerah Glodok.

Saat bertemu awak media, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini juga tidak menjawab banyak. Seperti pada 4 Maret, Anies tidak menanggapi pertanyaan terkait keinginan Pemprov DKI menjual saham perusahan minuman keras (miras). "Makasih, ya," jawab Anies singkat, sambil melambaikan tangan.

Selanjutnya pada Rabu, 17 Maret lalu, Anies enggan menanggapi pertanyaan awak media mengenai keputusan menaikkan batas penghasilan bulanan bagi warga yang boleh menerima rumah DP Rp0 menjadi sekitar Rp14 juta.