Kemendag Ajak Ritel Modern Buka Cabang di IKN: Sudah Ada Hotel hingga RS

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengajak pelaku usaha ritel modern untuk melakukan ekspansi bisnis ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim). Mengingat nantinya akan ada perpindahan penduduk ke kawasan tersebut.

Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kasan Muhri mengatakan ritel modern akan dibutuhkan di IKN untuk memenuhi gaya hidup masyarakat yang tinggal di ibu kota baru itu nantinya.

“Di IKN kan orang perlu makan dan minum, dan segalanya. Tapi ritel modern gimana di IKN? Sudah ancang-ancang atau bagaimana?,” kata Kasan dalam acara Gambir Trade Talk, Rabu, 14 Agustus.

Saat ini, sambung Kasan, sudah ada pengusaha hotel hingga rumah sakit (RS) yang melakukan ekspansi bisnis ke kawasan tersebut. Sehingga, dia berharap ritel modern akan mengikuti pengusaha lainnya yang sudah menanamkan modal ke IKN.

Ajak tersebut disampaikan Kasan di hadapan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Nicholas Mandey yang turut hadir dalam acara Gambir Trade Talk.

“Bagaimana ini Pak Roy kira-kira? di IKN rasanya belum terdengar ritel modern mau buka. Hotel sudah ada buka, RS sudah buka, pendidikan sudah buka, bahkan training center untuk olahraga sudah buka,” ucap Kasan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Kasan mengatakan ritel modern diperlukan untuk mendongkrak perekonomian di kota baru tersebut. Apalagi, kata dia, nantinya akan ada pusat bisnis di IKN.

“Ini juga bagian untuk menciptakan kutub pertumbuhan baru. Pasti nanti akan ada aktivitas termasuk yang di dalamnya ritel modern ini,” tutur Kasan.