Survei Poltracking Unggulkan Pasangan Alfius Way - Husein Totarago di Pilkada Kabupaten Sorong Selatan 2024

JAKARTA - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sorong Selatan yang dijadwalkan pada 27 November 2024 semakin mendekati puncaknya. Berdasarkan survei terbaru Poltracking yang dirilis pada Juli 2024, pasangan Alfius Way dan Husein Totarago sementara ini memimpin dengan tingkat elektabilitas sebesar 20,8 persen.

Di posisi kedua, pasangan Petronela Krenak dan Mathinus Maga mendapatkan dukungan sebesar 17,9 persen, disusul oleh pasangan Dance Nauw dan Barbelina Aifufu yang menempati posisi ketiga dengan elektabilitas 16,7 persen. Selanjutnya, pasangan Yance Salambau dan Ahmad Samsudin berada di posisi keempat dengan elektabilitas 16,3 persen. Sementara itu, pasangan Paulinus Kora dan Jonantan Salambauw berada di posisi terbawah dengan elektabilitas hanya 0,6 persen.

Survei Poltracking juga mencatat bahwa 17,9 persen responden belum menentukan pilihan atau masih ragu dalam mendukung salah satu pasangan calon pada Pilkada Kabupaten Sorong Selatan 2024.

Survei ini dilakukan dengan metode multistage random sampling dan melibatkan 400 responden yang merupakan warga Kabupaten Sorong Selatan yang sudah memiliki hak pilih. Dengan margin of error +/- 4,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen, survei ini memberikan gambaran preferensi pemilih saat ini. Wawancara dilakukan secara tatap muka pada 13-22 Juli 2024 oleh surveyor yang telah mendapatkan pelatihan khusus. Untuk memastikan validitas data, hasil survei ini dibandingkan dengan data demografi dari sensus Badan Pusat Statistik Tahun 2020.

Selain tingkat elektabilitas, survei ini juga mengukur popularitas dan akseptabilitas para kandidat. Dari segi popularitas, Yance Salambau menjadi kandidat yang paling dikenal publik dengan persentase sebesar 80,4 persen, diikuti oleh Dance Nauw (74,7 persen) dan Alfius Way serta Ahmad Samsuddin yang sama-sama memperoleh 71,8 persen. Kandidat lainnya, seperti Petronela Krenak dan Mathinus Maga, juga memiliki tingkat popularitas yang cukup tinggi.

Alfius Way menanggapi hasil survei ini dengan optimisme. "Mungkin dari tingkat popularitas saya bukan yang tertinggi. Namun pasangan saya, Pak Husein, memberikan kontribusi signifikan sehingga kami memimpin dalam survei," ungkap Alfius dalam keterangan tertulis yang diterima VOI Rabu, 14 Agustus.

Dari segi akseptabilitas, Yance Salambau kembali menempati posisi teratas dengan tingkat penerimaan publik sebesar 70,5 persen, diikuti oleh Dance Nauw dengan 68,3 persen, dan Petronela Krenak dengan 66,3 persen.

"Selama ini ada bakal calon lain yang meminta saya mundur, tapi saya tegaskan, saya tidak akan mundur sejengkal pun dari pencalonan ini. Selain dari Golkar, kami juga sedang mengupayakan dukungan dari PKB untuk memastikan tiket maju di Pilkada Sorong Selatan," tegas Alfius.