Banyak Opini Pemain Titipan di Indonesia U-17, Nova Arianto Tegas Membantah

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto, angkat bicara soal banyaknya opini yang menyinggung soal pemain titipan di skuadnya. Paham dengan situasi yang terjadi, secara tegas Nova Arianto membantahnya.

Menurut Nova, opini tersebut muncul karena situasi Timnas Indonesia U-17 yang berbeda dengan skuad senior maupun kelompok umur lainnya.

Sang pelatih sadar bahwa Garuda Muda benar-benar dibentuk dari nol alias dihuni oleh para pemain baru.

"Pasti banyak orang yang beropini (pemain titipan) dan saya bisa memahami hal itu," kata Nova Arianto dikutip dari kanal Youtube Timnas Indonesia, Selasa, 13 Agustus 2024.

"Karena memang situasinya Timnas Indonesia U-16 (cikal bakal Indonesia U-17) adalah pemain-pemain baru. Kalau di Timnas Indonesia U-20 bisa melihat pemain hasil Piala Dunia U-17 2023, misalnya."

"Sementara Timnas Indonesia U-23 bisa melihat dari Timnas Indonesia U-20," ujarnya lagi.

Berdasarkan hal itu, Nova memahami mengapa bisa muncul opini pemain titipan. Namun, asisten Shin Tae-yong itu dengan tegas menepis isu tersebut.

Dia menekankan bahwa dirinya tak akan mementingkan pemain dengan nama besar. Kualitas menjadi perhatian utama.

"Memang, Timnas Indonesia U-16 adalah pemain-pemain baru. Banyak orang mungkin berpikir ada pemain titipan, ada anak ini, anak itu, saya pastikan tidak ada!" tutur Nova.

Terlepas dari opini pemain titipan ini, sebelumnya Nova Arianto telah melakukan seleksi pemain di Jakarta untuk nantinya menjalani pemusatan latihan (TC) lanjutan di Bali.

Dalam proses seleksi itu, Nova benar-benar jeli memilih pemain yang layak untuk diboyong. Kini sudah ada 35 nama yang dipanggil untuk menjalani TC di Bali.

Adapun tujuan dari TC tersebut menyatukan para pemain yang sudah ada dengan pemain-pemain hasil seleksi di Jakarta yang berlangsung pekan lalu.

TC Timnas Indonesia U-17 di Bali rencananya berlangsung dari tanggal 12 hingga akhir Agustus 2024.

Setelah itu, tim arahan Nova Arianto itu akan kembali ke Jakarta sebelum melanjutkan TC di Spanyol sebagai persiapan tampil pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 di Kuwait, 19-27 Oktober 2024.