Realisasi Anggaran Upacara HUT ke-79 RI di IKN Capai Rp87 Miliar, Lebih Tinggi dari Jakarta

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat anggaran perayaan upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024 mendatang mencapai Rp87 miliar.

"Tahun ini kami menyiapkan anggaran Rp87 miliar untuk kegiatan 17-an di IKN," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata dalam konferensi pers APBN Kita Juli 2024, Selasa, 13 Agustus.

Isa menyampaikan realisasi anggaran untuk pelaksanaan kegiatan HUT RI di IKN lebih tinggi jika dibandingkan dengan anggaran perayaan di Jakarta tahun lalu yang mencapai Rp53 miliar.

"Kalau dibanding tahun lalu di Jakarta itu Rp53 miliar," ujarnya.

Isa menyebut kenaikan anggaran dalam perayaan HUT RI di IKN karena adanya pengadaan alat-alat upacara yang baru di IKN dan peningkatan anggaran juga mencakup pengadaan sarana fisik.

"Kenaikannya memang terutama karena pengadaan alat-alat upacara yang baru di sana, terutama yang rincian biaya yang besar itu alat-alat upacaranya, kemudian penyiapan sarana fisiknya itu yang memang perlu dilakukan di tempat yang baru di sana," jelasnya.

Selain itu, Isa menyampaikan tingginya alokasi anggaran untuk perayaan upacara HUT RI di IKN juga untuk kegiatan jamuan untuk para tamu juga diakui lebih besar dibandingkan saat di Jakarta mengingat, lokasi kegiatan yang membutuhkan akses khusus.

"Jamuan juga cukup besar dibanding di Jakarta, terutama mungkin karena memang lokasinya belum tersedia cukup sarana-prasarana untuk jamuan ini," ucapnya.