Bahlil Bakal Gantikan Airlangga, Agus Gumiwang jadi Waketum dan Bamsoet Ketua Harian 

JAKARTA - Partai Golkar akan menggelar rapat Pleno malam nanti sekitar pukul 19.00 WIB untuk menentukan Plt Ketua umum usai Airlangga Hartarto menyatakan mundur. Sumber VOI menyebutkan, sosok yang mengisi posisi Airlangga adalah Agus Gumiwang. 

"Rapat Pleno nanti malam sudah beres, tidak ada yang protes-protes lagi. Plt Ketum sesuai arahan AGK (Agus Gumiwang)," jelas sumber VOI, Selasa, 13 Agustus. 

Pada 20 Agustus mendatang, Partai Golkar akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas), setelah sebelumnya Rapat Pimpinan (Rapim). Masih dari sumber VOI, Bahlil Lahadalia bakal didapuk menjadi Ketua Umum Golkar dalam munas nanti. 

Agus Gumiwang yang sebelumnya menjadi Plt Ketua Umum akan mengisi posisi Wakil Ketua Umum. Sedangkan untuk posisi Ketua Harian Golkar bakal dijabat Bambang Soesatyo (Bamsoet). 

Agus Gumiwang saat ini menjabat sebagai Waketum Bidang Perekonomian Partai Golkar. 

Selain Agus, ada sejumlah nama yang digadang-gadang menggantikan posisi Airlangga. Dua nama lain yang paling mencuat adalah Bambang Soesatyo dan Bahlil. 

Keputusan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk mundur telah disampaikan pada hari Sabtu 10 Agustus 2024. DPP Partai Golkar pun langsung mengagendakan rapat Pleno yang akan berlangsung pada hari ini, Selasa, 13 Agustus pukul 19.00 WIB.