Timnas Voli Indonesia Tanpa Kemenangan di SEA V League Putri 2024

JAKARTA – Timnas Voli Putri Indonesia gagal mengamankan satu kemenangan pun dari enam pertandingan yang berlangsung dalam dua seri SEA V League 2024.

Kekalahan terbaru dirasakan oleh Megawati Hangestri Pertiwi dan kawan-kawan ketika melawan Filipina pada Minggu, 11 Agustus 2024. Pada laga yang berlangsung di Chachai Hall, Nakhon Ratchasima, Thailand, Indonesia ditekuk dengan skor 2-3 (25-20, 20-25, 25-16, 20-25, 10-15).

Ini merupakan kekalahan ketiga Indonesia dalam tiga laga di Seri Kedua. Sebelumnya, pekan lalu di Seri Pertama di Vietnam, Indonesia juga tidak memenangi satu laga pun dari tiga laga yang dimainkan.

Pelatih Timnas Voli Putri Indonesia, Chamnan Dokmai, menilai bahwa anak asuhnya bermain lebih bagus jika dibandingkan dengan Seri Pertama. Namun, pasukannya kurang percaya diri.

"Padahal, mereka bisa sebenarnya. Pemain Indonesia harus lebih sering mengikuti kompetisi internasional sehingga bisa percaya diri," ujar juru taktik asal Thailand tersebut.

Pada pertandingan melawan Filipina, kesempatan Indonesia untuk memetik kemenangan perdana di ajang tersebut sebenarnya sudah terbuka ketika sempat unggul 2-1.

Akan tetapi, Filipina kemudian sanggup bangkit dan mendominasi dua set berikutnya. Pada penentuan, Indonesia bahkan terus tertinggal dalam pengumpulan poin.

Saat dalam posisi tertinggi, Chamnan menurunkan pemain muda Junadia Santi menggantikan Arsela Nuari. Pemain berumur 17 tahun ini tampil menawan dengan smes-smesnya, tetapi lemah di receive sehingga dicecar servis lawan.

Chamnan mengatakan bahwa pengalaman sering tampil di luar negeri akan sangat berguna buat perkembangan mental anak-anak asuhnya.

"Kompetisi di dalam negeri dan luar negeri sangat berbeda, baik atmosfer penonton maupun pertandingan," kata Chamnan yang mengantar Jakarta Electric PLN menembus Grand Final Proliga 2024.

Pada pertandingan Seri Pertama di Vietnam, Timnas Voli Putri Indonesia tercatat hanya mengamankan satu set saja ketika menelan kekalahan 1-3 melawan Filipina di laga terakhir.

Sementara itu, sebelum bermain ketat melawan Filipina di laga terakhir Seri Kedua, Indonesia sempat mencuri kemenangan satu set ketika bersua Vientnam di pertandingan pertama.