Dibuka Bulan Ini, Menpan RB Siapkan 60.000 Kuota CPNS untuk IKN

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengungkapkan akan membuka lowongan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di bulan Agustus 2024.

Adapun lowongan yang disiapkan sebyak 600.000 denga 60.000 di antaranya adalah formasi untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas memastikan seleksi ini akan dilakukan sangat ketat dengan talenta digital multitasking.

"Ada afirmasi 5 persenuntuk putra-putri Kalimantan bisa masuk IKN," ujarnya sebelum sidang kabinet, Senin, 12 Agustus.

Dengan adanya afirmasi ini, ia memastikan seluruh putra-putri daerah Kalimantan tidak perlu bersaing dengan seluruh pendaftar melainkan hanya akan bersaing dengan sesamanya untuk masuk dan bekerja di IKN.

"Atas saran Bapak Presiden jika nanti ada 4 juta pendaftar dari total 600 ribu itu, kalau misalnya di Kalimantan yang daftar ada 100.000 putra-putri Kalimantan tidak bersaing dengan 4 juta tadi tapi bersaing dengan yang 100.000 di Kalimantan sebagai bentuk afirmasi pemerintah terhadap putra-putri Kalimantan terbaik," beber dia

Lebih lanjut, ia memastikan akan ada peraturan dan syarat khusus bagi ASN di sekitar IKN yang ingin pindah ke Ibu Kota Nusantara mengingat tingginya permintaan dari daerah sekitar yang ingin pindah.

"Maka kemarin di Ratas diputuskan akan ada syarat-syarat terbuka bagi pemindahan karena syarat untuk berkantor di sini harus punya kemampuan digital dan juga sistem pemerintah berbasis elektronik akan dikerjakan," pungkas Azwar.