BYD Sebut Sudah Mulai Proses Pembangunan Pabrik di Indonesia

JAKARTA - PT BYD Motor Indonesia memiliki komitmen panjang di tanah air, terutama pada segmen kendaraan ramah lingkungannya. Bahkan tak hanya menghadirkan berbagai model saja, jenama asal China ini juga membangun pabrik di Indonesia, dan dikonfirmasi bahwa pabrik tersebut sudah mulai melakukan proses pembangunan.

Kepastian proses pembangunan pabrik BYD di Indonesia dipastikan oleh Head of Marketing & Communication PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan, ketika ditanya ground breaking pabriknya.

"Kalau GO itu kan hanya seremonial yang penting itu prosesnya, dan kami sudah membeli lahan sudah melakukan proses pembangunan," katanya, saat ditemui di kawasan Bandung, Jawa Barat, Rabu malam, 7 Agustus.

Pria yang akrab disapa Luther ini mengatakan tentunya dalam proses perayaan GO, BYD akan memastikan dahulu semua urusannya.

"Pertama kali kita umumkan GO nanti pertama ke awak media, dan kita siapkan semuanya untuk menjawab pertanyaan dari media," tambahnya.

Sebagai informasi, pabrik baru BYD diketahui akan menggunakan lahan seluas lebih dari 108 hektare. Nantinya, tak hanya perakitan mobil tetapi juga ada pusat penelitian dan pengembangan, bahkan ada fasilitas pelatihan.

BYD merencanakan operasional pembangunan bertahap dan pabrik ditargetkan mulai beroperasi pada Januari 2026.

Pabrikan tersebut sebelumnya menandatangani kesepakatan kerja sama dengan PT Suryacipta Swadaya, developer dari Kawasan Industri Subang Smartpolitan. Kawasan Industri Subang Smartpolitan sudah terintegrasi dengan berbagai infrastruktur strategis nasional.