Pelaku Curanmor yang Ditembak Mati di BSD Sudah Beraksi 20 Kali di Tangerang

JAKARTA - Pelaku pencurian sepeda motor ditembak mati di kawasan kawasan BSD, Serpong, Tangerang Selatan. Dari data yang ada, polisi menyebut komplotan ini sudah puluhan kali beraksi.

"Telah melakukan tindakan tegas terukur terhadap sindikat pelaku curanmor yang sudah 20 kali lebih beroprasi," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Kamis, 8 Agustus.

Komplotan itu kerap bekasi di hampir seluruh wilayah Tangerang Kota hingga Serpong, Tangerang Selatan. Sementara alasan dilakukan tindakan tergas terukur terhadap pelaku yang berinisial I itu karena aksinya dianggap telah membahayakan petugas dan masyarakat sekitar.

Kala itu, pelaku yang sempat dikejar mengelurkan senjata api (senpi) dan menodongkannya.

"Saat dikejar salah satu pelaku mengeluarkan senjata dan menodongkan senjata kepada petugas," kata Ade.

Penindakan itu bermula saat polisi yang sedang berpatroli melihat dua orang pelaku berinisial I dan IS yang dicurigai melakukan pencurian motor di Jalan Raden Saleh, Karang Tengah, Kota Tangerang.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Zain Dwi Nugroho menyebut anggotanya itupun mengikuti para pelaku hingga akhirnya ke salah satu minimarket kawasan Ciledug, Kota Tangerang. Namun, pecurian gagal dilakukan karena pemilik motor lebih dulu datang.

“Saat di daerah pasar Lembang, ciledug salah satu pelaku turun dan akan mengambil motor. Namun, tidak jadi karena pemilik motor keburu datang,” ujarnya.

Saat berada jalan Cipadu Raya, pelaku kembali berniat mengambil motor di depan minimarket. Namun kembali gagal dilakukan, karena pemilik motor lebih dulu ke luar dari minimarket.

Petugas terus membuntuti aksi kedua pelaku itu hingga melintas di Jalan Graha Raya, Kecamatan Pinang.

Di depan toko material (TKP) pelaku berhasil merusak kunci motor terparkir dan langsung membawa kabur motor korban.

Mengetahui kejadian tersebut, tim berusaha melakukan pengejaran dan penangkapan.

Namun sayang, kedua pelaku itu berusaha meloloskan diri hingga dilakukan pengejaran sampai di lampu merah BSD, Serpong, Tangerang Selatan.

Dalam aksi kejar-kejaran, pelaku mengeluarkan senjata api rakitan dari balik bajunya dan menodongkan ke arah petugas. Atas dasar itu, polisi menembak mati salah satu pelaku curanmor tersebut.

"Hingga menyebabkan pelaku terjatuh dari motor. Sedangkan pelaku yang lainnya berhasil ditangkap tanpa ada perlawanan," kata Zain.