ICON Selesaikan Pembangunan Komunitas Rumah 3D Terbesar di Dunia di Texas

JAKARTA - Perusahaan teknologi konstruksi ICON berhasil menyelesaikan pembangunan komunitas rumah 3D terbesar di dunia di Wolf Ranch, Georgetown, Texas, sekitar 30 mil dari Austin. Proyek ini dimulai pada November 2022 dan akan selesai pada musim panas tahun ini dengan 100 rumah 3D yang dicetak oleh printer robotik Vulcan milik ICON.

Printer 3D ini memiliki lebar lebih dari 45 kaki (13,7 meter), berat 4,75 ton, dan mampu mencetak rumah hunian. Dengan menggunakan campuran bubuk semen, air, pasir, dan aditif lainnya, printer ini mencetak lapisan demi lapisan beton yang membentuk dinding rumah dengan efek seperti corduroy.

Menurut Conner Jenkins, manajer proyek senior ICON, teknologi ini membawa efisiensi yang tinggi dalam industri konstruksi. "Di mana biasanya ada lima kru berbeda yang membangun sistem dinding, sekarang kita hanya membutuhkan satu kru dan satu robot," ujar Jenkins.

Rumah satu lantai dengan tiga hingga empat kamar tidur ini memerlukan waktu sekitar tiga minggu untuk selesai dicetak, sementara pondasi dan atap logam dipasang secara tradisional. Dinding beton rumah ini dirancang tahan air, jamur, rayap, dan cuaca ekstrem.

Salah satu pembeli rumah di Wolf Ranch, Lawrence Nourzad, bersama kekasihnya Angela Hontas, merasa puas dengan rumah baru mereka. "Rasanya seperti benteng," kata Nourzad, menambahkan bahwa dia yakin rumah ini akan tahan terhadap sebagian besar tornado. Dinding beton juga memberikan isolasi yang baik terhadap panas Texas, menjaga suhu dalam rumah tetap sejuk.

Namun, dinding yang kuat ini memiliki kekurangan dalam hal konektivitas internet. "Sinyal tidak bisa menembus dinding yang sangat tebal ini," ujar Nourzad. Untuk mengatasi masalah ini, kebanyakan pemilik rumah di Wolf Ranch menggunakan router internet mesh yang menyebarkan sinyal dari beberapa unit di seluruh rumah.

Harga rumah 3D di Wolf Ranch, yang disebut "Genesis Collection," berkisar antara 450.000 dolar AS (Rp7,1 miliar) hingga hampir  600.000 dolar AS (Rp9,5 miliar). Lebih dari seperempat dari 100 rumah telah terjual.

ICON, yang pertama kali mencetak rumah 3D di Austin pada tahun 2018, berharap suatu hari bisa membawa teknologi ini ke Bulan. NASA telah mengontrak ICON sebagai bagian dari program eksplorasi Bulan Artemis untuk mengembangkan sistem konstruksi yang mampu membangun landasan, tempat berlindung, dan struktur lainnya di permukaan Bulan.