Bernard van Aert Siap Bertarung di Olimpiade Paris 2024

JAKARTA – Pebalap sepeda Indonesia, Bernard Benyamin van Aert, sudah menjalani persiapan matang dan siap bertarung di kategori track nomor omnium putra Olimpiade Paris 2024.

Bernard dijadwalkan turun bertanding di Velodrome National de Saint-Quentin-en-Yvelines, Paris, Perancis, pada Kamis, 8 Agustus 2024, pukul 15.00 waktu Paris atau 20.00 WIB.

Pelatih Dadang Haries Poernomo mengatakan bahwa persiapan anak asuhnya sudah maksimal dan tinggal mempertimbangkan strategi pergantian gear yang perlu diterapkan atau tidak.

"Waktu itu kami menggunakan gear biasa, catatannya bagus. Jadi, sekarang apa perlu kami tambah lagi atau seperti biasa. Ini yang akan kami coba," ujar Dadang.

Bernard telah melakukan adaptasi di Eropa sejak dua bulan lalu. Persiapan tersebut dimulai dari Belanda dan kemudian dilanjutkan Paris.

Selain itu, dia juga sudah beberapa kali menjajal Velodrome National de Saint-Quentin-en-Yvelines, termasuk saat mengikuti single event di lokasi tersebut.

Dadang menjelaskan bahwa ada perbedaan yang cukup krusial karena pada saat ini lintasan telah diperbarui dan lebih bagus.

"Bernard sudah merasakan dan dapat fast speed-nya. Buktinya sejak hari pertama lomba dimulai, sudah ada pecah rekor Olimpiade dan rekor dunia di putra serta putri," kata Dadang.

Bernard merupakan satu-satunya wakil Indonesia sekaligus di Asia Tenggara yang tampil di cabang olahraga balap sepeda disiplin track omnium pada Olimpiade Paris 2024.

Saat ini, pebalap asal Pontianak itu tengah berusaha menjaga kondisi serta mengatur strategi gear yang tepat.

"Kondisi Bernard tidak ada masalah dan siap bertanding. Saya rasa tidak ada lagi yang kurang. Semua dipersiapkan dengan baik untuk bisa masuk 10 besar," ujar Dadang.