Bagikan:

JAKARTA – Atlet balap sepeda Indonesia, Bernard Benyamin Van Aert, mendapat tiket tampil di Olimpiade Paris 2024 yang berlangsung pertengahan tahun ini.

Tiket yang didapat oleh Bernard diumumkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui akun Instagram resmi mereka, Selasa, 16 April 2024.

"Atlet cycling Indonesia, Bernard Benyamin Van Aert, berhasil mendapatkan satu tiket ke Olimpiade Paris 2024," demikian keterangan dalam unggahan tersebut.

Bernard lolos ke ajang bergengsi ini setelah memenuhi syarat dalam Track Olympic Ranking yang berada di peringkat ke-20. Di Perancis nanti, sang atlet akan bertanding di kategori omnium putra.

Bernard memastikan satu tempat ke Olimpiade Paris 2024 setelah menutup rangkaian kualifikasi dengan finis pada urutan ke-11 UCI Track Nations 2024 di nomor ominium putra.

Tiket yang didapat oleh Bernard ini sekaligus mengangkat kembali pamor balap sepeda Indonesia. Terakhir kali terakhir Indonesia meloloskan atlet balap sepeda disiplin track ialah pada Olimpiade Athena 2004.

Sekarang, Indonesia total sudah punya 17 wakil yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Kontingen Merah-Putih punya target mengirim lebih dari 28 atlet ke multiajang empat tahunan terbesar dunia itu.

Sebelumnya, 16 tiket ke Paris diamankan oleh enam wakil bulu tangkis, panahan dan panjat tebing masing-masing dua, tiga atlet angkat besi, serta satu senam artistik, satu menembak, dan satu selancar.