realme 13 Resmi Dirilis, Ponsel Rp3 Jutaan dengan Performa Gaming

JAKARTA – realme resmi meluncurkan ponsel terbaru di kelas menengah, yaitu realme 13. Ponsel yang dirilis pada Rabu, 7 Agustus ini fokus pada performa gaming terbaik untuk ponsel dengan harga tiga jutaan.

Berdasarkan hasil riset tim internal realme, ponsel dengan harga tiga juta biasanya digunakan untuk bermain game, mulai dari game yang sederhana hingga yang cukup berat. Oleh karena itu, mayoritas keluhan berkaitan dengan performa gaming.

Krisva Angnieszca, PR Lead realme Indonesia, menjelaskan bahwa lima keluhan gaming yang paling banyak disampaikan adalah lag, overheat, ghost touch, baterai yang boros karena game, FPS yang tidak stabil, dan notifikasi yang kerap mengganggu.

"Kita ingin membawa gaming experience ke level berikutnya," kata Krisva. "Gaming bintang lima. Mulai dari performanya, cooling system-nya yang efektif, display yang mendukung, baterai yang awet, dan fitur untuk mem-push performanya."

realme 13 menggunakan chipset Snapdragon 685 yang dipadukan dengan Vapor Chamber (VC) Cooling System 7-lapis, fitur Fast Charging 67W, dan GT Mode. Dengan berbagai fitur ini, realme 13 menghadirkan temperatur dan FPS yang stabil selama bermain game.

Salah satu kemampuan dari gaming bintang lima, yaitu anti-ghost touch, fitur ini dipadukan dengan rating IP64 yang tahan percikan air dan debu. VOI sudah menguji langsung fitur ini dan hasilnya realme 13 tetap bisa memainkan game Honor of Kings saat terkena air.

Masih ada beberapa kemampuan lainnya yang realme 13 pamerkan, yaitu peak brightness hingga 2000 nits, baterai 5000mAh, sensor LYT-600 OIS + EIS, dan kamera utama 50MP. Ponsel ini akan mendapatkan update OS dua tahun dan patch keamanan tiga tahun.

realme 13 dibanderol dengan dua harga. Perangkat dengan kombinasi memori 8GB + 8GB dan 128GB dibanderol dengan harga Rp2.999 juta. sedangkan kombinasi memori 8GB + 8GB dan 256GB dibanderol dengan harga Rp3.199 juta.

Jika Anda ingin membandingkan realme 13 dengan ponsel di kelas dan harga yang hampir sama, berikut ini beberapa perangkat yang bisa Anda lihat.

  • Redmi Note 13 4G: Dengan chipset Snapdragon 685 berfabrikasi 6nm, ponsel ini memiliki peak brightness 1800nits dan menggunakan layar FHD+ AMOLED 120Hz.

  • Infinix Zero 30 4G: Ponsel ini menggunakan chipset Dimensity 8020 dengan peak brightness 930 nits. Layarnya sudah AMOLED, tetapi rating-nya baru IP53.