Kontes Kecantikan Transgender, Polisi Bakal Periksa Para Kontestan

JAKARTA - Polisi mulai mendalami kegiatan kontes kecantikan transgender yang viral di media sosial. Nantinya, para kontestan kegiatan itu akan dimintai keterangan.

"Iya nanti (pemeriksaan kontestan), nanti bagian yang akan didalami juga ya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi dikutip Rabu, 7 Agustus.

Pemeriksaan terhadap para kontestan ajang kecantikan transgender akan dilakukan setelah penyidik meminta keterangan pihak penyelenggara dan lainnya.

Sebab, panitia acara merupakan penanggung jawab kegiatan yang tak mengantongi izin tersebut.

"Diawali dari penanggung jawab lokasi, penanggung jawab acara, hingga beberapa pihak yang diperlukan Polres Metro Jakarta Pusat untuk dimintai klarifikasi," kata Ade.

Sebelumnya, beredar rekaman video menampilkan kontes kecantikan untuk transgender yang diselenggarakan di salah satu hotel kawasan Jakarta.

Rekaman video itu diunggah akun X @HushWatchID. Pada postingannya, disertakan narasi mengenai kontes kecantikan transgender itu digelar pada 4 Agustus 2024.

"Kejutan di kontes kecantikan transgender di Hotel Orchardz, Jakarta Pusat, 4 Agustus 2024: Waria asal Aceh dinobatkan sebagai pemenang! Videonya langsung viral di media sosial," tulis akun @HushWatchID dikutip Selasa, 6 Agustus.

Pada video yang berdurasi 54 detik itu terlihat beberapa transpuan yang berjalan di atas catwalk layaknya model profesional. Kemudian, di akhir video menampilkan momen pengumuman pemenang kontes tersebut.