Cara Temukan Postingan Lama di Facebook dan Platform X

JAKARTA – Selama lebih dari satu dekade, media sosial digunakan untuk berbagi informasi, membagikan aktivitas terkini, atau sekadar untuk meluapkan emosi saat Anda tidak memiliki tempat untuk bercerita.

Berbagai postingan yang dibagikan biasanya menyesuaikan masa. Jika Anda melihat postingan di masa lalu, Anda mungkin merasa malu dan ingin menghapusnya agar tidak ada pengguna lain yang melihat posting tersebut.

Jika Anda merasa pernah membuat postingan yang memalukan di masa lalu, baik itu Facebook maupun X, Anda bisa mengecek postingannya terlebih dahulu sebelum menghapusnya. Berikut ini cara melihat postingan lama di Facebook dan X, dikutip dari The Verge.

Lihat Postingan Lama di Facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial tertua yang banyak digunakan. Jika Anda sudah menggunakan Facebook sejak lama dan ingin melihat postingan beberapa tahun lalu, berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Klik nama Anda di sebelah kiri untuk lihat profil.
  2. Di bagian atas kolom postingan, cari dan klik tombol Filter.
  3. Saat jendela Filter terbuka, pilih tahun dan bulan yang diinginkan.
  4. Ketuk tombol Selesai untuk lihat Postingan.

Lihat Postingan Lama di X

Platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, menjadi salah satu platform yang banyak digunakan. Media sosial ini didirikan sejak tahun 2006 dan Anda mungkin sudah bergabung saat itu. Berikut ini cara termudah untuk melihat postingan lama di X.

  1. Buka X melalui aplikasi atau situs web.
  2. Ketik from:(pengguna) until:yyyy-mm-dd since:yyyy-mm-dd.
  3. Isi nama pengguna dengan username dan masukan keterangan tahun, bulan, hingga tanggal sesuai petunjuk.
  4. Ketik Enter hingga tab pencarian terbuka.