Claudio Echeverri Tampil Memukau di Indonesia, Dipercaya Bela Argentina di Olimpiade 2024

JAKARTA - Masih ingat Claudio Echeverri? Kapten Argentina U-17 yang mencuri perhatian pada Piala Dunia U-17 2024 yang dihelat di Indonesia.

Dia kini dipercaya masuk skuad Argentina yang berlaga di Olimpiade Paris 2024 meski usianya masih 18 tahun.

Echeverri bahkan sudah tampil di dua dari tiga laga fase grup Tim Tango. Walau berangkat dari bangku cadangan, ternyata dia bisa memberikan kontribusi penting.

Pada laga terakhir Grup B kontra Ukraina, Echeverri menyumbang satu gol dalam kemenangan 2-0.

Total, selama fase grup dia sudah mengemas 16 menit bermain. Pada dua laga tersebut, Echeverri selalu masuk pada menit 80-an.

Kiprahnya kemungkinan berlanjut karena Argentina lolos ke perempat final untuk berjumpa Perancis pada 2 Agustus 2024.

Claudio Echeverri memang sudah digadang-gadang mendapat label wonderkid, bahkan penerus Lionel Messi.

Sama-sama menyukai nomor punggung 10, pemain yang lahir di Resistencia itu sudah bikin banyak klub top Eropa kepincut.

Penampilan di Piala Dunia U-17 2023 menjadi penegasan akan talentanya. Walaupun tak membawa Argentina U-17 juara, setidaknya permainannya sudah matang.

Sebagai kapten, dia memimpin Argentina U-17 meraih peringkat keempat Piala Dunia U-17 2024. Echeverri mendapat penghargaan Bronze Boot berkat koleksi lima gol dan dua assist dalam 498 menit penampilan di turnamen tersebut.

Menariknya, tiga dari lima gol itu ia cetak ke gawang Brasil pada perempat final. Kala itu, Argentina menang 3-0 untuk mendapat tiket ke semifinal.

Tak heran, klub yang terdepan membajak Echeverri ialah Manchester City. The Citizens harus buru-buru mengamankan tanda tangannya begitu Piala Dunia U-17 2023 Indonesia rampung lantaran Barcelona juga membidik.

Tepat pada 25 Januari 2024, Echeverri diperkenalkan sebagai pemain anyar di Etihad. Dia didatangkan dari River Plate, klub yang dibela sejak akademi.

Claudio Echeverri pun mendapat kontrak hingga Juni 2028. Meski demikian, sang penyerang tetap akan berada di River Plate hingga Januari 2025.

Pemain 18 tahun itu mengikuti jejak Julian Alvarez yang pindah ke Manchester City dari River pada 2022.

Sebelum berlabuh ke Inggris, Echeverri juga sudah dipromosikan ke tim utama River Plate. Dia mengemas enam penampilan di semua ajang pada musim 2023/2024.

Bahkan, lima dari enam penampilan tersebut, Echeverri diturunkan sebagai starter.

Mantan bek Manchester City, Martin Demichelis, adalah orang yang memberi kesempatan Echeverri masuk tim utama River Plate.

Demichelis, yang merupakan pelatih kepala salah satu klub besar Argentina tersebut, tak salah memberi kepercayaan kepada Echeverri.

Bersama Argentina U-17, Echeverri sudah tampil sebanyak 23 kali dan mencetak 13 gol. Dia juga mendapat kepercayaan berlatih bersama tim nasional senior.