Olimpiade 2024: Gregoria Dapat Tiket Babak 16 Besar

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung menjaga mimpinya dengan lolos ke babak 16 besar Olimpiade Paris 2024.

Juara dunia junior 2017 tersebut mengunci juara Grup G usai menghentikan wakil Republik Ceska, Tereza Svabíkova, dua gim langsung 21-12 dan 21-18 di Adidas Arena, Rabu, 31 Juli 2024, malam WIB.

Babak yang sama sebelumnya pernah dicapai Gregoria saat memainkan debut di Olimpiade pada edisi Tokyo 2020, yang ditunda setahun karena pandemi corona.

Gregoria selanjutnya akan bersua dengan wakil Korea Selatan, Kim Ga-eun. Di atas kertas, Gregoria jauh lebih diunggulkan karena rekor pertemuan mereka.

Mereka sudah bersua delapan kali sebelumnya. Dari total pertemuan tersebut, Gregoria tercatat selalu keluar sebagai pemenang.

Gregoria sebagai satu-satunya tunggal putri di Olimpiade 2024 diharapkan bisa mengakhiri paceklik medali emas dari nomor tersebut sejak Olimpiade Barcelona 1992.

Selain Gregoria, tiket babak gugur juga didapat pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sementara itu, tiga wakil yang sudah tersingkir ialah tunggal putra Jonatan Christie, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.