Belum Lama Meluncur, Bedah Spesifikasi dan Kelebihan Mitsubishi All New Triton

JAKARTA - Pameran GIIAS 2024 menjadi ajang unjuk gigi berbagai pabrikan untuk menghadirkan model terbaru, termasuk dari Mitsubishi yang meluncurkan New Mitsubishi Triton dengan wajah baru.

Tak hanya itu saja, saat ini mobil yang menguasai market share kendaraan niaga ringan single cab dan double cab di Indonesia ini juga hadir dengan mesin baru yang menjadi sumber tenaga sangat menarik.

Melihat lebih dalam model satu ini, mobil niaga ringan berlogo tiga berlian ini diklaim memiliki beberapa kelebihan yang diyakini mampu mendongkrak penjualan Mitsubishi. Lantas apa saja?

Desain

All New Triton mengusung konsep 'Power for Adventure and Always Reliable' dengan desain kokoh khas Mitsubishi Motors. Desain eksteriornya menampilkan konsep Dynamic Shield dan lampu T-shape yang khas, serta bodi yang lebih besar dan solid untuk stabilitas dan ketangguhan. Desain interiornya modern dengan kontras tinggi dan fungsionalitas yang tinggi.

Fitur

Bicara fitur banyak yang ditawarkan oleh All New Triton, misalnya sudah dilengkapi dengan sistem Super Select 4WD-II dan tujuh mode berkendara. Fitur keselamatan termasuk ABS, EBD, AHB, FCM, BSW with LCA, RCTA, TPMS, HSA, ASTC, dan 7 airbag. Fitur kenyamanan mencakup Dual Zone Climate Control, wireless charger, 7-inch color LCD multi-information display, dan banyak lagi.

"Mobil ini durabilitasnya menjadi lebih tinggi dan lebih stabil, suspensi dan sasis mengalami peningkatan yang diapresiasi. Begitu juga dengan hadirnya fitur differential lock yang baru," kata  Director of Product Strategy Division PT MMKSI Hikaru Mii, beberapa waktu lalu.

Performa Mesin dan Konstruksi

Model ini dilengkapi dengan mesin diesel turbo 2.4L terbaru (4N16 Euro 4) dengan tiga spesifikasi output yang berbeda, memberikan tenaga maksimum 184 PS/135 kW dan torsi 430 Nm. Peningkatan pada chassis dan ladder frame memberikan peningkatan bending rigidity hingga 60% dan torsional rigidity hingga 40 persen.

Pilihan Warna dan Varian

Mitsubishi All New Triton tersedia dalam beberapa varian seperti Single Cabin GLX 4x2 M/T, Single Cabin HDX 4x4 M/T, Double Cabin HDX 4x4 M/T, Double Cabin GLS 4x4 M/T, Double Cabin Exceed 4x4 M/T, dan Double Cabin Ultimate 4x4 A/T. Pilihan warna mencakup White Diamond, Graphite Gray Metalic, Jet Black Mica, White Solid, Blade Silver Metallic, dan lainnya. Bicara harga, untuk tertinggi Double Cabin Ultimate 4x4 A/T ada di angka Rp525,6 juta dan paling murah Single Cabin GLX 4x2 M/T Rp301.350.000 juta.

"Ibaratnya mobil idle saja sudah ready to go. Dari sisi spesifikasi yang final gear 4,0 sekarang sudah 4,6. Kalau yang mengerti gigi mobil itu jauh banget. Horsepower memang bukan segalanya. Contoh horsepower gede tapi cuma sampai gigi 3, ini kombinasi yang sempurna karena ini dibuat untuk bekerja. Torsi lebih besar sesuai dengan kebutuhan bekerja," tutup Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.