Meluncur di GIIAS, Inilah Spesifikasi Lengkap The All Electric ID.Buzz

JAKARTA - Volkswagen The All Electric ID.Buzz resmi meluncur di Indonesia, dibawa langsung oleh PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen (VW) tanah air.

Tampil pada pameran akbar GIIAS 2024 yang berlangsung mulai tanggal 18-28 Juli, mobil satu ini cukup menarik perhatian banyak orang. Tentunya tak sedikit yang penasaran dengan spesifikasinya. Lantas seperti apa?

Desain

Sebelum membahas lebih dalam tentang mobil satu ini, terlebih dahulu membahas tentang desainnya. Ya, The All Electric ID.Buzz hadir dengan desain baru yang memukau dan serba modern tapi masih memadukan kesan klasik, menariknya juga disematkan pencahayaan modern pada bagian luar, dan interior yang sepenuhnya didesain ulang dengan mobile ID. Buzz Box dan finishing dua warna opsional.

Ada hal menarik yang ditawarkan, di mana pengemudi dan penumpang depan mendapatkan bangku individual dengan pengaturan elektrik dan memori serta fungsi pijat. Sementara di belakang terdapat tiga bangku yang dapat dilipat sepenuhnya atau dengan komposisi 40:60. Bahkan kursi belakang dapat digeser maju-mundur sejauh 150 mm, ketiganya atau dalam komposisi 40:60.

Fitur

The All Electric ID.Buzz juga dilengkapi dengan segudang fitur unggulan, seperti digital cockpit, infotainment cerdas yang dikombinasikan dengan ID interaktif. Serta sistem bantuan ringan dan dapat membuat perjalanan semakin menyenangkan.

Platform

Platform MEB pada The All-Electric ID. Buzz terdiri dari motor listrik (permanent-magnet synchronous motor - PSM), unit kendali elektronik (ECU), transmisi otomatis single-gear, dua belas modul baterai lithium-ion bertegangan tinggi yang tersusun secara efisien di bagian lantai kendaraan Beberapa komponen tambahan terintegrasi di bagian depan kendaraan. Sementara baterai pada The All-Electric ID. Buzz memiliki kapasitas sebesar 79 kWh.

Motor listrik pada The All-Electric ID. Buzz Buzz terhubung dengan penggerak roda belakang dan menghasilkan tenaga 210 PS setara 207,1 Tk serta torsi puncak 560 Nm tersedia mulai dari kendaraan bergerak. Untuk berakselerasi 0 – 100 km/jam, The All-Electric ID. Buzz menempuhnya hanya dalam 7,6 detik, dan kecepatan puncaknya dibatasi pada 160 km/jam. Berdasarkan hasil tes WLTP jarak tempuh yang dapat diraih The All-Electric ID. Buzz dalam kondisi baterai penuh mencapai 430 Km.

Untuk mengisi penuh 0-100 persen baterai lithium-ion bertegangan tinggi yang ada pada The All-Electric ID. Buzz dengan charging box berkapasitas 11 kW, dibutuhkan waktu 7 jam 30 menit. Sementara jika menggunakan fast charging station DC 170 kW, untuk mengisi baterai dari 5 persen hingga 80 persen hanya dibutuhkan waktu 30 menit.

Harga

The All-Electric ID. Buzz dibanderol dengan harga Rp.1.300.000.000,- (on the road Jakarta) untuk versi normal wheelbase dan tersedia dalam berbagai warna dengan nuansa two-tone.