PKB Tak Undang Anies di Harlah ke-26 Besok, Ini Alasannya

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-26 di Jakarta Convention Center (JCC). Semua ketua umum (ketum) partai politik diundang dalam acara tersebut.

Ketua DPP PKB Cucun Syamsurijal menyebut PKB mengundang semua calon kepala daerah (cakada) yang telah resmi diusung oleh partainya untuk hadir dalam Harlah esok hari.

"Besok juga, di antaranya cakada-cakada yang sudah dapat amanat, disahkan jadi usungannya dari PKB kita undang. Yang sudah pasti bahwa itu adalah kita bagian daripada pengusung dalam pilkadanya," ungkap Cucun di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin, 22 Juli.

Namun, ternyata PKB tak mengundang Anies Baswedan untuk mengadiri Harlah ke-26. Sebab, hingga kini PKB belum memberikan surat rekomendasi pengusungan secara resmi untuk mengusung Anies di Pilkada DKI Jakarta.

Cucun menjelaskan Harlah ke-26 ini utamanya dijadikan PKB sebagai upaya merajut kebersamaan dengan semua parpol setelah sebelumnya bersaing merebut suara Pemilu Legislatif 2024.

"Tokoh partai politik, kita lebih (fokus mengundang) ketum partai dulu ya. Biar semua tidak ada sekat, bagaimana merajut ketum partai ini bisa bersama-sama," tutur Cucun.

PKB pun turut mengundang Presiden Joko Widodo untuk hadir dalam Harlah ke -26, juga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang merupakan presiden terpilih di Pilpres 2024. Namun, PKB mendapat informasi keduanya berhalangan hadir.

"Kita komunikasi sudah disampaikan dari awal, cuman beliau-beliau kan sudah terjadwal, ya. Pak Prabowo ke luar negeri, Pak Jokowi agendanya sudah penuh, Hari Anak Nasional. Tanggalnya sama," ucap Cucun.

Dalam Harlah nanti, selain Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyampaikan pidatonya, PKB juga bakal meminta semua ketum parpol untuk memberi testimoni mengenai PKB selama 26 tahun didirikan hingga kesan persaingan politik di pemilu terakhir.

"Semua pasti akan ada satu kenang-kenangan kemarin semasa pemilu, semua ketua umum partai ini menyampaikan bagaimana hiruk pikuk pemilu dan kita akan merajut kembali, menata demokrasi ini bersama-sama semua stakeholder," urai Cucun.

PKB juga akan menjamu para ketum partai dan kadernya dalam sesi hiburan yang menampilkan band Maliq & D'essentials dan penyanyi dangdut Happy Asmara. Diharapkan, Harlah tahun ini menjadi ajang relaksasi para kader usai Pemilu 2024.

"Sebetulnya konsepnya ini lebih ke kita merilekskan pascasemua kader ini berjibaku kemarin. Semasa pemilu kita semua bertempur memenangkan pileg, kemudian juga pilpres. Kemudian juga sebentar lagi ini karena, kita dalam satu tahun serentak semuanya, sebentar lagi kita akan menghadapi pilkada. Sebelum pilkada, kita rileks sedikit, semua kader dikumpulkan dan hiburan," jelasnya.