Bagikan:

JAKARTA - Lebih dari 16.500 kambing dan domba dites infeksi virus yang dikenal sebagai wabah kambing di Yunani, setelah sembilan hewan dinyatakan positif minggu lalu di unit peternakan di daerah tersebut.

Yunani pertama kali mendeteksi wabah virus "peste des petits ruminants", yang juga dikenal sebagai PPR atau "wabah kambing" pada 11 Juli.

Sejauh ini, sekitar 2.500 hewan telah dimusnahkan, semuanya di peternakan yang terkena dampak di wilayah Larissa dan Trikala. Sebanyak 16.500 orang menjalani tes, kata juru bicara pemerintah Pavlos Marinakis kepada wartawan.

Yunani masih berusaha menentukan sumber wabah PPR di negaranya, kata seorang pejabat.

Dilansir Reuters, Senin, 22 Juli, lebih dari 100 dokter hewan di sektor publik dan tentara akan dikerahkan untuk menguji ternak tersebut, dengan tambahan 120.000 hewan diperkirakan akan diperiksa pada Jumat pekan ini. Tentu saja, akan ada tes lebih lanjut jika diperlukan, kata pejabat itu.

“Penyelidikan epidemiologi sedang dilakukan untuk mengetahui bagaimana penyakit ini dimulai,” imbuhnya.

Virus ini menyebabkan demam, luka dan lesi, sesak napas, dan diare pada hewan yang terinfeksi. Ini tidak menimbulkan ancaman bagi kesehatan manusia.

Pemerintah setempat telah mengkarantina domba dan kambing dan melarang penyembelihan di seluruh wilayah Thessaly hingga 26 Juli.