Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menilai partainya dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) harus terus punya arah politik yang sama untuk waktu mendatang.

Sebab, selama berkoalisi dalam Pilpres 2024, NasDem dan PKB sama-sama mendapat kenaikan jumlah kursi di parlemen DPR RI pada Pemilu Legislatif di yang sama.

"Ini menandakan NasDem dan PKB tidak boleh berpisah ke mana pun juga," kata Surya saat memberi sambutan di acara Harlah ke-26 PKB, Jakarta Convention Center, Selasa, 23 Juli.

Selain itu, Surya juga merasa punya kedekatan tersendiri dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Hal ini didasaekan pada hubungan politik yang sudah berjalan puluhan tahun.

"Jadi melihat progres perjalanan dari tahapan demi tahapan yang sudah dilalui, malam hari ini saya harus katakan, Gus Muhaimin sudah jauh melangkahi kemajuan apa yang saya capai," urai Surya.

Melanjutkan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengamini pernyataan Surya. Cak Imin juga berterima kasih kepada Surya karena NasDem bersedia berkoalisi dalam mengusung dirinya sebagai cawapres berpasangan dengan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Saya terima kasih bang surya Paloh, saya bisa ikut hadir dalam Pilpres 2024, karena detik-detik terakhir saya bersama bang surya paloh menyusun koalisi yang alhamdulillah bisa mewarnai demokrasi di 2024 ini," tutur Cak Imin.

Sebagai informasi, PKB menggelar peringatan hari ulang tahun ke-26 pada hari ini. Sejumlah pimpinan partai turut hadir dalam Harlah ke-26 PKB. Di antaranya adalah Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketum Garuda Ahmad Ridha Sabana.

Terdapat sejumlah ketum yang kehadirannya diwakilkan oleh para pengurus partai, di antaranya Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi dan Sekjen PAN Eddy Soemarno, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, Sekjen Golkar Lodewijk F. Paulus, Waketum Demokrat Benny K. Harman, hingga Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka.

Hadir pula Ketua MPR Bambang Soesatyo, setta Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan Yandri Susanto dalam Harlah ke-26 PKB.