Google Luncurkan Beta Terakhir untuk Android 15

JAKARTA – Google telah meluncurkan Android 15 Beta 4, pembaruan beta terakhir sebelum rilis stabil, pada 18 Juli 2024. Seperti biasanya, versi beta terbaru menawarkan fitur terbaru dan perbaikan bug.

Ada beberapa fitur yang mulai terlihat di pengujian terakhir ini, seperti fitur pengoptimalan pengisian daya yang akan menghentikan pengisian daya saat baterai mencapai 80 persen. Ada juga alat diagnostik perangkat untuk memantau kesehatan baterai dan penyimpanannya.

Diagnostik perangkat berisi dua menu, yaitu Kesehatan Komponen dan Mode Evaluasi dengan berbagai fitur yang berbeda. Khusus untuk Pengujian Manual di Kesehatan Komponen, Google menawarkan pengujian Tampilan dan Sentuhan.

Pengujian Tampilan akan membantu pengguna dalam menemukan cacat pada ponsel mereka seperti piksel yang mati. Sementara pengujian Sentuhan membantu pengguna dalam menemukan area yang tidak responsif di layar.

Sementara itu, pembaruan Android 15 beta 4 telah mengatasi beberapa masalah yang dilaporkan pengembang, yaitu kontras yang membuat elemen di Ubin Pengaturan Cepat sulit terbaca dan kasus yang menyebabkan perangkat Pixel tidak mau di-boot saat reset pabrik.

Masalah lainnya yang diperbaiki adalah pengaturan pemberitahuan aplikasi yang gagal dipulihkan, kesulitan dalam pendaftaran Face Unlock, masalah stabilitas sistem dan konektivitas, serta Bluetooth yang menolak langsung permintaan pemasangan.