Pentingnya Customer Engagement Platform (CEP) untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

JAKARTA - Di era digital yang terus berkembang seperti saat ini, pengalaman pengguna atau customer experience (CX) merupakan faktor kunci dalam menentukan kesuksesan sebuah perusahaan. 

Perusahaan dengan strategi CX yang tidak optimal berisiko kehilangan pelanggan, pendapatan, dan reputasi. Sebaliknya, studi dari Adobe di akhir 2023, menyebutkan bahwa perusahaan yang memprioritaskan CX bisa mendapatkan 23 persen pelanggan lebih banyak dibanding perusahaan lain.

Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk semakin memprioritaskan CX, dan strategi untuk memperkuat CX menjadi semakin krusial dalam mempertahankan daya saing mereka. 

Salah satu strategi meningkatkan pengalaman pelanggan dan mempermudah komunikasi antara perusahaan dan pelanggan adalah melalui aplikasi layanan pelanggan dan Customer Engagement Platform (CEP). 

Hal ini juga telah dilakukan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC), yang bermitra dengan perusahaan layanan bisnis digital, transcosmos Indonesia (TCID). 

Sejak 2017, aplikasi ini dibuat untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dan efisiensi waktu pada saat pelanggan membutuhkan layanan purna jual dari MMKSI.

Hingga kuartal satu 2024, jumlah pelanggan yang menggunakan aplikasi My Mitsubishi Motors ID terus meningkat untuk melakukan layanan service booking, test drive, dan emergency.

Selain itu, dengan My Mitsubishi Motors ID pelanggan bisa menggunakan layanan darurat (fitur 24 Jam Bengkel Siaga) dan kontak Customer Service yang beroperasi 24 jam setiap harinya.  

Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi layanan pelanggan Motors ID, di antaranya adalah:

  • Find Dealer - Pelanggan dapat melihat dealer Mitsubishi terdekat dari lokasi mereka
  • My Vehicle - Fitur mendaftarkan VIN mobil pelanggan untuk mendapatkan riwayat servis dan pengingat servis
  • Service Booking - Fitur untuk melakukan booking service
  • Lacak Pesanan Kendaraan - Fitur informasi proses pemesanan mobil hingga pengiriman
  • Credit Simulation - Fitur perhitungan kredit bagi pelanggan yang ingin membeli mobil 
  • MiMate - Fitur komunitas online bagi pelanggan Mitsubishi 
  • Book Test Drive - Fitur bagi pelanggan untuk melakukan booking test drive, dan masih banyak lagi. 

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan pelanggan kami melalui aplikasi MMID dan layanan CEP dari TCID,” ujar Deputy Group Head of Customer Experience PT MMKSI, Ilham Iranda Syahputra.