YouTube Music Luncurkan Fitur Pencarian Musik dengan Suara

JAKARTA – YouTube Music meluncurkan fitur pencarian suara yang mirip dengan Hum to Search. Fitur baru ini akan membantu pengguna dalam mencari lagu resmi di platform tersebut dengan bantuan suara.

Berdasarkan laporan 9to5google, fitur ini diuji pada Maret lalu dan dirilis dua bulan kemudian. Tak lama setelah fitur pencarian suara diluncurkan, YouTube menarik fitur tersebut dengan alasan tertentu. Kini, YouTube kembali meluncurkan fiturnya secara luas.

Pencarian suara ditambahkan ke deretan bilah pencarian, tepatnya di samping ikon mikrofon. Saat pengguna mengeklik ikon berbentuk gelombang, YouTube Music akan menampilkan antarmuka penuh dengan tombol pencarian suara di tengah layar.

Di bagian atas layar terdapat perintah untuk, "mainkan, nyanyikan, atau gumamkan sebuah lagu." Setelah pengguna menyanyikan atau menggumamkan nada lagu yang diketahui, YouTube Music akan menampilkan judul lagu, penyanyi, dan tahun rilisnya.

Fitur ini akan tersedia di aplikasi YouTube Music untuk perangkat Android dan iOS. Jika pencarian suara belum terlihat di bilah pencarian, Anda bisa memperbarui aplikasinya dan menunggu hingga YouTube menambahkan fiturnya ke perangkat Anda.

Selain meluncurkan kemampuan mencari lagu dengan suara, YouTube Music sedang menguji radio percakapan yang dibuat oleh Kecerdasan Buatan (AI). Sederhananya, fitur ini akan membuat daftar putar berdasarkan lagu yang ingin pengguna dengar.

Fitur eksperimental ini akan muncul dalam bentuk kartu dan pengguna bisa mengeklik ikon Mulai Radio di sudut kiri bawah. Setelah ruang obrolan muncul, pengguna bisa mengajukan perintah apa pun untuk membuat daftar putar musik yang diinginkan.

Daftar putar berbasis AI ini sedang diuji ke para pengguna YouTube Music di AS yang berlangganan paket Premium. Rencananya, YouTube akan memperluas fitur eksperimental ini ke lebih banyak pengguna.