Honda Tawarkan Africa Twin Edisi Khusus, Tersedia Cuma 75 Unit

JAKARTA - Pabrikan kendaraan bermotor dari Jepang, Honda resmi meluncurkan CRF1100L Africa Twin di Inggris. Tidak hanya itu, motor tersebut hadir dengan edisi spesial di tanah Britania Raya.

Melansir dari Motorcyclenews, Senin, 15 Juli, pabrikan menyediakan ‘Adventure Roads Edition’ untuk para konsumen Inggris sekaligus merayakan kesuksesan dari acara Honda Adventure Roads 2024 yang berlangsung di Maroko.

Tur sepeda motor tahunan tersebut digelar ke berbagai lokasi eksotis dengan melibatkan 30 pengendara yang melakukan petualangan selama 10 hari di negara tersebut. Itu merupakan gelaran keempat setelah pertama kalinya digelar di Nordkapp, Norwegia pada 2017, Afrika Selatan di 2019, dan Islandia pada 2022 lalu.

Kembali ke CRF1100L Africa Twin, motor ini mengusung corak warna klasik ‘tri-colour’ Honda, yakni merah, putih, dan biru dengan diberi plakat ‘Adventure Roads’ pada bagian roda, tangki BBM, dan masih banyak lagi.

Selain itu, motor ini memiliki kemampuan mumpuni dalam melewati berbagai macam medan dengan pembaruan pada suspensi, sasis, mesin, dan perangkat elektronik.

Posisi dari kaca depan mengalami pembaruan, ban tubeless, serta desain fairing mengalami pembaruan dan menambah fungsi keserbagunaan dari Africa Twin. Lebih lanjut, pembaruan pada platform seperti revisi valve timing, kompresi, desain ulang intake, dan penyegaran perangkat elektronik, menawarkan pengalaman berkendara yang berbeda di berbagai kondisi.

Motor ini mendapatkan beberapa perlengkapan standar, terdiri dari suspensi yang dapat diatur secara elektronik, pegangan berpemanas, serta tangki bahan bakar yang lebih besar.

Berbicara performanya, Africa Twin memiliki mesin 1.084 cc berpendingin cairan parallel-twin yang memberikan peningkatan torsi hingga 7 persen yang diklaim memiliki tenaga 102 dk pada 7.500 rpm dan 112 Nm pada 5.500 rpm.

Sistem transmisi dual-clutch (DCT) enam percepatan juga ditingkatkan, memberikan rasa pergantian gigi lebih natural. Terdapat tiga mode girboks dengan 'MT' untuk perpindahan gigi manual menggunakan sakelar stang.

Edisi ini hadir secara terbatas hanya 75 unit dengan harga mulai dari 15.699 poundsterling (Rp329,5 jutaan) pada transmisi manual dan 16.899 poundsterling (Rp354,7 jutaan) untuk DCT. Pembeli juga mendapatkan beragam aksesoris asli, termasuk crash bar, bar pelindung mesin, lampu kabut ekstra, dan pelindung radiator aluminium dengan hanya membayar premi 1.000 poundsterling (Rp20,9 jutaan).