Mengenal Ketangguhan Almaz Pro RS Hybrid yang Berhasil Bawa Pemiliknya Jelajahi 3 Negara ASEAN

JAKARTA - Kendaraan ramah lingkungan kini mulai jadi pilihan bagi konsumen di Indonesia termasuk mobil listrik dan Hybrid. Perihal hybrid sendiri itu tidak hanya soal efisiensi bahan bakar, dan juga ramah lingkungan, namun mobil dengan perpaduan mesin konvensional dan motor listrik ini, juga memiliki desain yang modern dan juga futuristis.

Salah satu model Hybrid yang jadi pilihan di Indonesia, adalah Wuling Almaz RS Pro Hybrid. Bahkan, salah satu konsumennya, yang merupakan pelanggan setia merek mobil berlogo lima berlian ini, juga puas dengan pilihannya memiliki mobil hybrid yang sudah diproduksi di Cikarang, Jawa Barat ini.

Kisah yang diutarakan oleh Ali Fikri, pemilik Almaz RS Pro Hybrid terbilang menarik, mobil ini baginya memberi pengalaman berkendara yang menyenangkan.

"Banyak yang bilang saya itu loyalitas yang nge-gas. Dari produk pertama hingga produk terbaru Wuling saya jajal semua. Awalnya dari Confero yang banyak fiturnya tapi harga kompetitif saat itu, dilanjutkan dengan hadirnya Wuling Cortez yang nyaman banget. Pengalaman dengan Confero dan Cortez ini yang membuat saya jatuh cinta sama Wuling. Tak heran saat Wuling Almaz Hybrid keluar saya segera SPK," ujarnya.

Lanjutnya, ketika sudah memiliki Almaz RS Pro Hybrid, menjadikan hasrat untuk melakukan perjalanan semakin terpacu. Hingga pada akhirnya, bersama dengan komunitas pemilik mobil Wuling, ia berhasil menjelajahi tiga negara Asia Tenggara.

"Langsung nge-gas tiga negara, Indonesia, Brunei hingga ke Malaysia. Saat itu endurance dan performa mesin Almaz Hybrid ini teruji banget. Hasilnya konsumsi bensinnya hanya 1:19. Hebatnya efisiensi tersebut nggak mengurangi performanya. Almaz Hybrid tetap buas di jalanan," tukasnya.

Wuling ALmaz RS Pro Hybrid, ini dilengkapi dengan teknologi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) yang dengan susunan penggerak series-parallel hybrid yang memungkinkan tiga mode berkendara: EV Mode yang hening dan nol emisi, Series Hybrid yang responsif, dan Parallel Hybrid yang efisien dan bertenaga. Ketiganya bekerja otomatis sesuai pembacaan komputer terhadap kebutuhan tenaga dan torsi.

Selain itu, sistem canggih yang ditawarkan mobil ini, adalah fitur Wuling Indonesian Command, perintah suara canggih pertama di Tanah Air yang menggunakan Bahasa Indonesia untuk mengoperasikan berbagai fitur di mobil. Kemudian, Wuling Remote Control App pada smartphone dan head unit. Tidak hanya itu, adapula Advanced Driver Assistance System.

Almaz RS Pro Hybrid juga menghadirkan fitur 360° Around View Camera with Dynamic Trajectory, Electric Parking Brake (EPB) dengan Auto Vehicle Hold (AVH), 4 SRS Airbags, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Control (ESC), dan Traction Control System (TCS).

Sementara, untuk keselamatan pengendara dan penumpang Wuling Almaz RS Pro Hybrid didukung dengan berbagai fitur untuk menunjang keamanan berkendara, salah satunya Teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang dilengkapi dengan fitur Lane Keeping Assistant membantu pengemudi tetap berada pada jalur dan mengurangi potensi kecelakaan. Lalu terdapat pula fitur seperti sistem pengereman ABS, EBD, BA, rem cakram pada bagian depan dan belakang, serta Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk memantau kondisi ban secara real time.

Secara teknis, Medium SUV yang dirancang dengan mesin dan komponen yang sangat baik menghasilkan endurance Almaz Hybrid yang optimal sehingga membutuhkan minimal perawatan dan perbaikan mesin. Selain itu model ini dipersenjatai dengan mesin 4-silinder berkapasitas 2.000cc, dipasangkan dengan motor listrik yang berkompetensi memproduksi tenaga 174 hp dan torsi 320 Nm. Serta motor listrik bertenaga 130 kW dan torsi 320 Nm, dengan Dedicated Hybrid Transmission (DHT).

Baterai yang digunakan adalah Ternary Lithium-ION 1.8 kWh. Kedua sumber tenaga ini, dikombinasikan melalui DHT sehingga mampu bekerja secara multi mode berupa EV Mode, Series Hybrid, dan Parallel Hybrid.