Lebih dari 2.600 Jembatan di AS Kurang Perlindungan dari Tabrakan Kapal

WASHINGTON - Dua pertiga dari 4.000 jembatan di Amerika Serikat yang memungkinkan kapal lewat di bawahnya tidak memiliki perlindungan dermaga yang berfungsi agar tidak tertabrak dan berpotensi hancur akibat tabrakan.

Senator AS Tom Carper menegaskan hancurnya jembatan penyebrangan akibat tertabrak kapal bisa meimbulkan korban yang tidak sedikit.

“Setelah runtuhnya Jembatan Kunci, terungkap bahwa dari 4.000 jembatan di Amerika Serikat yang memungkinkan kapal lewat di bawahnya, dua pertiganya tidak memiliki perlindungan dermaga yang mendasar,” kata Carper kepada Komite Senat AS untuk Lingkungan Hidup dan Pekerjaan Umum.

Jembatan Kunci di Pelabuhan Baltimore runtuh pada 26 Maret setelah ditabrak oleh kapal kargo. Enam pekerja konstruksi di jembatan tersebut tewas dan pelabuhan harus ditutup untuk perbaikan selama dua bulan ke depan, sehingga mengganggu rantai pasokan industri AS.

Kanal Fort McHenry selebar 700 kaki dan kedalaman 50 kaki yang dibentangkan oleh jembatan dibuka kembali pada 10 Juni setelah dipulihkan oleh Korps Insinyur Angkatan Darat AS.