Toyota Land Cruiser 300 Bakal Disegarkan Tahun Depan, Usung Sistem Hybrid?

JAKARTA - Kabar gembira bagi pencinta Toyota Land Cruiser 300. Mobil yang menempati kelas full-size SUV ini dikabarkan akan mendapatkan penyegaran setelah pertama kali diluncurkan pada 2021 lalu.

Penyegaran tersebut bukan hadir sebagai generasi terbaru, melainkan facelift. Tentu ini bukanlah hal mengejutkan mengingat Toyota ingin menjaga SUV ini tetap terlihat baru. Kira-kira apa saja yang akan disegarkan pada mobil ini?

Dilaporkan Best Car, Sabtu, 13 Juli, Land Cruiser 300 generasi saat ini akan menerima pembaruan pada tahun 2025 dengan sejumlah peningkatan relatif kecil, salah satunya perubahan pada sistem keamanan.

Pabrikan dari Jepang ini akan menyematkan sistem keamanan yang dapat terintegrasi ke aplikasi MyToyota atau disebut juga Toyota Connect. Namun, penyegaran yang dihadirkan lebih dari itu.

Peningkatan lainnya juga mencakup sisi bantuan pengemudi dari Toyota Safety Sense (TSS). Perlu diketahui, Land Cruiser 300 saat ini belum memiliki TSS versi 3.0 yang lebih baru dibandingkan dengan 2.5 versi lama.

Toyota mengklaim sistem TSS 3.0 telah ditingkatkan pada bagian sensor kamera dengan resolusi lebih baik dan penglihatan lebih luas. Selain itu, sistem Pre-Collision System juga ditingkatkan dan Lane Tracing Assist juga ditambahkan. Fitur Adaptive Cruise Control juga ditingkatkan yang dapat bekerja di segala kecepatan.

Land Cruiser 300 juga akan mendapatkan sejumlah pembaruan pada bagian mesinnya. Namun perubahannya bukan dalam segi daya kuda maupun torsi, melainkan peningkatan dalam sisi emisi.

Dengan demikian, mobil berdimensi sangat besar ini tetap dibekali dengan mesin 3,3 liter twin-turbo V6 diesel yang digabungkan sistem mild-hybrid, sehingga dapat menghasilkan tenaga mencapai 304 dk dan torsi 700 Nm.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai perubahan eksterior dan elemen lainnya pada Land Cruiser 300 terbaru ini. Namun, dipastikan mobil tersebut akan ditingkatkan kemampuan berkendara dan keselamatannya.

Land Cruiser 300 masih dijual di beberapa negara, salah satunya Indonesia. Toyota-Astra Motor (TAM) menawarkannya dalam dua varian, yakni VX-R dengan harga Rp2,5 miliar dan GR-S senilai Rp2,6 miliar On The Road DKI Jakarta. Keduanya ditawarkan dengan mesin diesel yang tangguh sesuai dengan karakteristik seri ini.